Wali Kota Sutiaji: Action Laskar Perencana Sudah Ditunggu

Wali Kota Malang saat memberikan pembekalan kepada Laskar Perencanaan Kamis [31/10]

Kota Malang, Bhirawa
Tenaga pendamping Musrenbangkel dan Musrenbangcam yang direkrut Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang, laskar perencana ditarget untuk segera action, per 1/11 ini.
Targer action itu, setelah 62 Laskar Perencana yang direkrut itu diberi pembekalan. Mereka ditargetkan bisa action sejak masa rembuk RW karena ada beberapa kelurahan yang sudah siap melaksanakan rembukan dalam waktu dekat. Selanjutnya, mereka akan berkerja pada masa pra musrenbang hingga musrenbang.
Wali Kota Sutiaji menekankan agar seluruh penyelenggara kegiatan Musrenbang RKPD dan Perangkat Daerah penyelenggara Forum Perangkat Daerah di tahun 2020 dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2021 serta penyusunan Renja PD tahun 2021 agar dalam penyelenggaraan musrenbang dan Forum Perangkat Daerah di tahun 2020 berpedoman pada ketentuan yang berlaku.
“62 orang Laskar Perencana daerah yang telah direkruit dan kita bimtek hari ini diharapkan mampu membantu Pemerintah Kota Malang untuk semakin mendorong masyarakat agar dapat urun rembuk menyampaikan aspirasinya” tambah Sutiaji.
Dengan begitu, lanjutnya, melalui pendampingan tersebut, komitmen pembangunan pemerintah akan selaras dengan pemikiran masyarakat. Sehingga, tidak ada lagi pendapat dari masyarakat yang memandang sebelah mata proses musrenbang.
“Kalau saling paham akan dibawa ke mana pembangunan ini, saya rasa nggak ada lagi yang merasa sia-sia ikut musrenbang. Karena biasanya masyarakat malas ikut musrenbang karena merasa usulannya tak diakomodir. Padahal kan memang ada yang harus diprioritaskan,” tegasnya
Kepala Barenlitbang Kota Malang Dwi Rahayu menyampaikan, Laskar Perencana yang sudah direkrut agar segera bekerja secepat mungkin. Sebagaimana saran dan masukan kelurahan, ada banyak daerah yang sudah siap melakukan urun rembuk.
Pihaknya berharap, agar Laskar Perencana bisa mencatat semua usulan masyarakat dan memberi pendampingan lebih maksimal. “Kami berharap Laskar Pendamping bekerja secara maksimal,”ujarnya, dalam Bimbingan Teknis Tenaga Pendamping Musrenbangkel dan Musrenbangcam (Laskar Perencana) yang diselenggarakan Barenlitbang Kota Malang di Hotel Savana, Kamis 31/10 kemarin.
Wanita yang masih merengkap Plt. Kabag Organisasi ini, menegaskan, jika musrenbangkel dan musrenbangcam sangat penting dalam proses penentuan usulan. Karena pembangunan adalah bersifat dari bawah ke atas. Partisipasi masyarakat sangat penting untuk menentukan kelanjutan pembangunan ke depan.
Dia juga menekankan agar Laskar Perencana mampu mendorong masyarakat untuk urun rembuk. Sehingga tak hanya dari dua orang saja yang membuat usulan. Selain itu juga membuat suasana musrenbang lebih interaktif lagi.
Yang dia inginkan adalah ada perubahan dan harus ubah pola pikir untuk kepentingan masyarakat kota Malang, dan melepaskan kepentingan golongan atau kelompok masyarakat tertentu.
Sementara itu, Kasubid Perencanaan Barenlitbang Kota Malang, Yogi Handoyo menambahkan, seluruh Laskar Perencana sudah mendapatkan bimbingan teknis, dan sudah mendapat pembekalan berkaitan dengan beberapa hal yang harus diperhatikan.
“Laskar Perencana prinsipnya tak menggantikan peran kelurahan pada waktu pelaksanaan musrenbang. Tapi hanya sebagai fasilitator dan pendamping,” jelasnya.
Yogi juga menjelaskan jika ada beberapa pekerjaan rumah yang dibebankan pada Laskar Perencana. Salah satunya adalah membantu pelaksana musrenbang merumuskan program prioritas. Karena pengalaman selama ini, masih ada kesulitan dari operator untuk menentukan program usulan yang menjadi prioritas. [mut]

Tags: