Wali Kota Malang: Haornas, Diminta Jadi Evaluasi Prestasi Porprov

Penandatanganan Nota  kesepahaman antara Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Malang, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Malang, Dinas Pendidikan Kota Malang dan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Malang (UM) untuk pembinaan atlet, di momen peringatan Haornas di Stadion Gajayana Malang 9/9 kemarin.

Kota Malang, Bhirawa 
Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2019 yang digelar di Stadion Gajayana, Senin 9/9 kemarin, diharapkan Wali Kota Malang Sutiaji,  dapat menjadi ajang instropeksi diri atau bahan evaluasi,  untuk kebangkitan prestasi olahraga bagi Kota Malang.
Salah satunya adalah evaluasi untuk,  meningkatkan  prestasi para atlet Porprov yang dianggap merosot tajam, hingga posisi ke empat, dan lebih rendah  dari tahun sebelumnya.
Karena itu, Sutiaji mengajak seluruh elemen Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bersinergi untuk membangun olahraga supaya bisa kembali berprestasi.
“Hari ini adalah bentuk instokpeksi, di Haornas ini harapannya (prestasi) bisa melangkah kedepan, tidak usah terlalu lama menyesal yang harus kita lakukan adalah bangkit,”ujar Sutiaji.
Haornas tahun 2019 yang mengusung tema #ayoolahraga #dimanakapansaja diharap Sutiaji agar masyarakat bisa terus memacu semangatnya untuk olahraga meski kesehariannya disibukkan dengan aktivitas kerja.
“Olahraga itu mempunyai efek yang sangat bagus bagi kesehatan. Maka dari itu saya harap masyarakat bisa menyempatkan waktunya untuk olahraga,”tutur Sutiaji.
Patut diketahui, dalam peringatan Haornas 2019 di Kota Malang ini juga dilakukan penandatanganan, nota kesepahaman antara Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Malang, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Malang, Dinas Pendidikan Kota Malang dan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Malang (UM) untuk pembinaan atlet.
Dalam rangka berbenah diri, Sutiaji telah menginstruksikan Dinas Pemuda dan Olahraga untuk melakukan pembinaan dan pembibitan atlet sejak dini. “Tadi sudah ditandatangani kerjasama dengan terkait pembinaan dan pembibitan dengan instansi terkait,” terangnya di sela-sela acara Peringatan Haornas ke-36, di Stadion Gajayana, Kota Malang.
Plt Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, ada empat instansi yang bekerjasama dengan Dispora untuk melakukan pembinaan dan pembibitan atlet sejak dini.
“Tujuan dari kerjasama tersebut agar masing-masing instansi melakukan pembibitan atlet sejak dini. Berkaca dari Porprov, pembinaan dan pembibitan kita kurang. Sehingga harus kita galakkan lagi,” ujarnya.
Menurut Sutiaji, pembibitan harus dilakukan mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA). “Kita juga bekerjasama dengan Fakultas Keolahragaan, UM. Nanti mereka juga akan melihat bibit-bibit atlet untuk persiapan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2021,”tukasnya.
Ida menilai , pihak Dispora akan lebih banyak menggerakkan unsur para siswa sekolah dan kalangan mahasiswa di Kota Malang.  Terutama untuk meraih prestasi di ajang Popda dan Pekan Olahraga (Por) Sekolah Dasar (SD),” tutur Ida Ayu.
Selain itu dalam acara tersebut, juga diberikan penghargaan berupa trofi dan uang pembinaan kepada atlet yang berprestasi. [mut]

Tags: