Wali Kota Batu Perintahkan Tak Ada Satu ASN Pegang Puluhan Proyek

Suasana pembukaan Diklat Teknis Pengadaan Barang dan Jasa yang digelar Pemkot Batu di hotel Aston Kota Batu, Senin (26/11).

Kota Batu, Bhirawa
Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Batu dituntut memiliki database terkait kompetensi masing-masing ASN. Hal ini untuk mencegah adanya ‘monopoli’ oleh ASN tertentu dalam menangani proyek milik Pemerintah Kota.
“Jadi jangan ada lagi 1 ASN yang menangani sampai puluhan proyek. Karena bagaimanapun juga ASN itu adalah manusia yang memiliki keterbatasan. Selain itu pengerjaan proyek juga tidak bisa maksimal,”pesan Walikota Batu, Dewanti Rumpoko saat membuka Diklat Teknis Pengadaan Barang dan Jasa yang digelar Pemkot di hotel Aston Kota Batu, Senin (26/11).
Adanya database ini, kata Walikota, sangat penting dan dibutuhkan oleh Pemkot untuk mengetahui kemampuan dan kompetensi masing-masing ASN. Dengan demikian BKPSDM memiliki catatan dari setiap ASN memiliki keahlian apa yang bisa diimplementasikan dalam kebijakan dan program Pemkot. Karena tidak mungkin dari sekian banyak ASN yang ada hanya 1 yang memiliki kemampuan menangani proyek tertentu.
Jadi jika seorang ASN telah menangani 1 ataupun 2 proyek, maka proyek yang lain biar ditangani oleh ASN yang lain pula.
Dewanti berani memberikan istruksi ini karena membuat database tentang kemampuan ASN tidak serumit membuat data base tentang pengangguran masyarakat yang cepat mengalami perubahan.
“Membuat database ASN ini tidak sulit jika kita mau. Minta ke masing-masing Kepala OPD. Jika gak nurut? tinggal dishare di grup Shuning Batu (grup online ASN dimana Walikota ada di dalamnya-red),”tegas Walikota.
Dengan pelaksanaan diklat ini, Dewanti juga menginstruksikan agar Kepala BKPSDM memiliki ketegasan dan tidak murah hati. Artinya, ketika ada ASN yang tidak lulus dalam diklat ini jangan sampai tetap mendapatkan ijazah/ sertifikat.
“Jika tidak lulus jangan dikasih ijazah. Tetapi ASN ybs harus mengulang diklat ini dengan biaya sendiri di Balai Diklat Propinsi,”tegas Dewanti.
Di akhir sambutannya, Walikota meminta agar Kepala BKPSDM memberikan laporan hasil diklat ini dengan mencantumkan rangking dari setiap peserta. Nanti laporan ini akan diumumkan termasuk ASN yang dinyatakan tidak lulus diklat.(nas)

Tags: