Wali Kota Batu Libatkan PKK Desa Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak

Kota Batu,Bhirawa
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menginstruksikan agar semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memanfaatkan keberadaan PKK di Desa-Desa. Untuk itu meminta kepada Sekda Zadiem Effisiensi untuk memberikan prosentase anggaran kepada giat pemberdayaan perempuan. Salah satunya untuk mengatasi angka kematian ibu dan anak yang masih tinggi.
“Kalau kematian ibu masih jarang, namun kematian anak cukup tinggi. Data kita, sekarang ada 13 bayi yang meninggal dunia, bagi kota Batu, kematian itu sangat tinggi, itu tugas kita semua,” ujar Dewanti saat membuka Pencanangan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-46 di Graha Pancasila Batu, Selasa (23/10).
Ia mengingatkan bahwa saat ini tidak ada satu pun organisasi maupun lembaga pemerintahan yang mencakup seluruh aspek kehidupan. Namun hal ini mampu dilakukan oleh PKK yang program-programnya menyentuh segala perilaku kehidupan.
“OPD manfaatkan keberadaan PKK di desa-desa, karena mereka semua ini adalah aset kita. Serahkan apa pun pekerjaan, ditangan PKK semuanya akan beres,” kata Walikota. Karena PKK tidak pernah berpikir terkait anggaran, namun hanya berpikir bagaimana pekerjaannya bisa terselesaikan dengan baik. Iapun yakin keberadaan PKK ini akan membuat program OPD semakin optimal.
Ditempat terpisah, Ketua Tim Penggerak PKK, Wibi Asri akan mengintensifkan penyuluhan kepada ibu hamil. PKK harus menjadi ujung tombak, terutama untuk mendorong calon ibu untuk memeriksakan kesehatan karena hal itu paling penting untuk mencegah kematian.
“Selama ini kita sudah memberikan bantuan berupa susu ibu hamil, masing-masing ibu hamil mendapatkan 10 dos susu,” ujar Wibi.(nas)

Suasana Pencanangan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-46 di Graha Pancasila Batu, Selasa (23/10).

Tags: