Underpass Perempatan Karanglo Atasi Kemacetan Mudik Lebaran

Underpass di perempatan Karanglo, Kec Singosari, Kab Malang mengurai kemacetan kendaraan di saat mudik Lebaran tahun ini.

Kab Malang, Bhirawa
Mengatasi penumpukan kendaraan di pintu keluar jalan Tol Singosari, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang sebagai jalur mudik Lebaran, maka Polres Malang bersama Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Malang, serta PT Jasa Marga terus melakukan pemantauan kendaraan. Sedangkan dalam tim gabungan tersebut, dipimpin langsung oleh Kepala Satuan lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Malang AKP William Simatupang.
Sedangkan tim gabungan tersebut tidak hanya melakukan pemantauan penumpukan kendaraan saja, tapi juga melakukan pemeriksaan terkait kesiapan petugas yang ditempatkan di jalur Tol Pandaan-Malang dalam arus mudik Lebaran.
“Karena pada H-7 Lebaran sudah terlihat ada peningkatan kendaraan di pintu keluar Tol Singosari, namun hingga saat ini belum ada kemacetan dan semua masih bisa terurai,” kata Kasat Lantas Polres Malang AKP William Simatupang, Kamis (31/5), kepada wartawan.
Dia katakan, koordinasi dan pemeriksaan yang kita lakukan bersama dengan beberapa pihak terkait memang perlu dilakukan, yaitu untuk menghindari penumpukan kendaraan di pintu keluar Tol Singosari. Sedangkan pemantauan di pintu keluar jalan Tol Singosari tersebut sebagai persiapan arus mudik dan balik Lebaran di wilayah Polres Malang, agar saat pada hari H atau Hari Raya Idul Fitri mendatang berjalan lancar dan aman.
Pihaknya saat ini, lanjut Wiliam, masih akan melakukan penambahan beberapa sign box atau penanda, yakni yang berguna untuk mempermudah para pengguna jalan menentukan arah. Sebab, masih ada beberapa ruas jalan yang juga termasuk di jalur Tol Pandaan-Malang Seksi IV dan V masih belum selesai proses pengerjaannya. Sehingga diperlukan penambahan sign box, agar pengendara tidak kebingungan ketika akan keluar tol.
Dikesempatan itu, dia juga menambahkan, untuk pembangunan jalan tol Seksi IV akan diupayakan PT Jasa Marga selesai pembangunannya dan bisa difungsikan pada H-7 hingga H+7 lebaran nanti. “Seksi IV jika bisa difungsikan, maka rekayasa lalu lintas akan di gunakan saat Oprasi Ketupat Semeru 2019 nanti. Hal itu agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di perempatan Jalan Raya Karanglo, Kecamatan Singosari, atau pintu keluar Tol Singosari,” terangnya.
Dikesempatan yang sama, William juga menjelaskan, pembangunan underpass atau terowongan dibawah jalan umum di perempatan Karanglo, kini sudah 95 persen rampung dikerjakan PT Jasa Marga. Sehingga dengan rampungnya underpass tersebut, maka kendaraan dari surabaya maupun dari Malang bisa terurai. Sehingga pas Lebaran nanti, diharapkan di perempatan Karanglo tidak terjadi penumpukan kendaraan, seperti pada tahun-tahun sebelumnya.
Sementara itu Asisten Manajer Pengendalian Proyek PT Jasa Marga Tol Pandaan-Malang Wahyu Putra mengatakan, jalan Tol Seksi IV, saat ini untuk progresnya sudah mencapai 95 persen. Sehingga kita upayakanuntuk segera bisa difungsikan pada Lebaran tahun ini. “Terutama untuk di jalur main road atau jalan utama, serta untuk membersihkan main road, agar pengguna jalan Tol Pandaan-Malang bisa terjaga keselamatannya ketika melewati main road di Seksi IV,” ujarnya.
Menurut dia, jalan Tol Pandaan-Malang Seksi IV masih akan dipersiapkan untuk bisa digunakan secara fungsional dan satu arah, yakni dari arah Surabaya hingga exit Tol Pakis, Kecamatan Pakis. Kabupaten Malang. Sedangkan untuk gate tol atau gerbang tol, jika nanti diperlukan untuk satu arah saja. Sehingga pihaknya kini telah mempersiapkan satu atau dua gerbang tol untuk menampung kendaraan dari arah Surabaya atau Pandaan. [cyn]

Tags: