Tunggangi Trail Demi Turunkan AKI AKB

Dr dr Kohar Hari Santoso

Dr dr Kohar Hari Santoso
Demi menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jatim Dr dr Kohar Hari Santoso mengunjungi langsung kediaman ibu hamil yang berusia 44 tahun.
Perjuangan pria lulusan S3 Pascasarjana Unair ini patut diapresiasi. Sebab, kediaman ibu hamil yang bernama Risti tersebut berada di lokasi yang jauh di dusun, yakni, Desa Ngrayun Ponorogo, Jatim.
Kohar harus menaiki mobil dobel kabin dilanjut dengan menunggangi motor trail. Tidak cukup sampai disitu, ia harus berjalan kaki lagi sekitar 0,5 kilometer dengan jalan menanjak. “Waktu itu hujan, jalanan juga licin,” ceritanya kepada Bhirawa, Selasa (23/4) kemarin.
Setelah sampai di rumah Ibu Risti yang hamil anak ke empat tersebut, dr Kohar berhasil merayunya untuk turun ke rumah tunggu persalinan yang dekat fasilitas kesehatan. “Alhamdulillah, seminggu yang lalu sudah melahirkan dengan selamat,” ujarnya.
Kohar pun mengucapkan rasa terimakasihnya kepada joki motor trail yang telah mengantarkannya sampai ke tujuan. Ia takjub bahwa joki trail tersebut adalah perawat Ponkesdes. Bahkan, ibu hamil tersebut telah mendapatkan biaya gratis dari pemerintah sampai ke pendamping yang menunggu. “Pemerintah yang membiayai sampai ke pendamping yang menunggui,” pungkasnya. [geh]

Rate this article!
Tags: