Tingkatkan Kader Posyandu, PEPC Adakan Program SEHATI di Bojonegoro

Bojonegoro,Bhirawa
Setelah melaksanakan Program Sehat Anak Ibu Tercinta (SEHATI) dari 2016, PT Pertamina EP Cepu (PEPC) kembali mengadakan program serupa di tahun ini. Program ini diawali dengan Lokakarya Penyegaran Skill dan Kompetensi Kader Posyandu bertempat di Hotel Layung, dan diikuti 75 kader posyandu yang sebelumnya pernah mengikuti program SEHATI PEPC.
Masih mengusung mengenai permasalahan mendasar pada peningkatan kader posyandu di setiap lini manajemennya ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kader posyandu dalam pelaksanaan posyandu balita. Terdapat beberapa metode yang digunakan dalam program yang akan berjalan selama Oktober 2019 hingga Februari 2020 ini.
“Jadi kedepannya nanti para kader posyandu akan diberi refresher program seperti Pelatihan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang baik dan benar. Pemberian motivasi ibu balita dengan gizi kurang, penerapan posyandu dengan sistem pelayanan 5 meja & teknik komunikasi kader posyandu, deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) & perawatan antenatal car (ANC) atau perawatan ibu hamil sebelum persalinan.” Tukas Sudalhar sebagai Direktur Paratazkia.
Dalam kegiatan tersebut hadir sebagai pembicara yaitu Imam Wahyudi, yang merupakan Kepala Bidang Promosi Kesehatan, Dinas Kesehatan Bojonegoro. Imam menjelaskan bahwa pentingnya peningkatan keterampilan komunikasi kader posyandu dalam melayani Ibu dan Balita, sehingga memotivasi Ibu dan Balita untuk terus menerapkan pola sehat dalam kehidupannya.
“Kegiatan penyegaran semacam ini diperlukan sehingga kader posyandu dapat terus terasah untuk meningkatkan kemampuan dirinya dalam memberikan pelayanan posyandu yang terbaik untuk masyarakat, khususnya Ibu dan Anak.” Ujar Imam.
Kegiatan yang sudah berjalan dari 2016 ini akan kembali digelar di sekitar wilayah operasi PEPC. Seperti yang dijelaskan oleh Kunadi, selaku JTB Site Office & PGA Manager.
“Kami mengadakan program SEHATI ini di 4 (empat) desa, yaitu Desa Bandungrejo, Pelem, Kaliombo dan Dolokgede dengan melibatkan Bidan, Perawat Desa dan Ketua TP PKK. Semoga kegiatan ini menjadikan para kader posyandu semakin semangat dalam mengemban tugas mulia untuk meningkatkan kualitas generasi masa depan, khususnya di Bojonegoro. Hal ini sesuai dengan tujuan Sustainable Development Goals, yaitu memastikan kehidupan dan lingkungan yang sehat di sekitar Proyek JTB.” Pungkas Kunadi. [bas]

Tags: