THR Cair 23 Mei, ASN Pemerintah Kabupaten Sidoarjo ”Sumringah”

Sidoarjo, Bhirawa
Setelah dilakukan rapat koordinasi dengan tim anggaran Kab Sidoarjo, diputuskan tunjangan hari raya (THR) bagi ASN di Kab Sidoarjo akan diberikan pada Hari Kamis, 23 Mei 2019.
Menurut Kepala Bidang Perbendaharaan dan Akuntansi Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah ( BPKAD) Kab Sidoarjo, Jaka Suma’aji SE MM, apabila sampai molor, maka maksimal akan diberikan pada Hari Jum at, 24 Mei 2019.
“Semoga pencairan ini tepat dengan waktu yang kita jadwalkan, karena dimungkinkan banyak ditunggu para ASN untuk memenuhi kebutuhannya menjelang lebaran,” jelas Jaka, Rabu (15/5) kemarin, di kantornya.
Agar pencairan THR tersebut bisa sesuai rencana, maka menurut Jaka, pihaknya mulai kemarin, telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada semua OPD di Kab Sidoarjo supaya menyiapkan surat pengajuan THR atau gaji 14 itu.
Diharapkan maksimal pada tanggal 17 Mei, semua surat pengajuan dari seluruh OPD di Kab Sidoarjo, sudah masuk semua ke bendahara umum daerah (BUD) BPKAD Kab Sidoarjo.
“Masalah ini sudah kami koordinasikan dengan semua OPD, sehingga mereka segera mengirimkan surat pengajuannya, menurut saya lebih cepat akan lebih bagus,” ujarnya.
Sambil menunggu batas surat pengajuan THR masuk semua, kata Jaka, maka pihaknya akan memproses surat pengajuan yang sudah masuk lebih dulu. Supaya nanti pencairan THR bisa dilakukan secara bersamaan.
Menurut perhitungannya, THR untuk ASN di Kab Sidoarjo ini diberikan kepada sebanyak sebelas ribuan ASN. THR ini sebagaimana aturannya atau PP 36 tahun 2019, tidak untuk Non ASN. Yang bertanggung jawab terhadap Non ASN ini adalah OPD masing-masing.
“THR yang akan diberikan untuk ASN ini adalah satu kali gaji, sedangkan untuk gaji 13 akan diberikan pada pertengahan Bulan Juli nanti, untuk keperluan biaya masuk anak sekolah,” pungkas Jaka.
Dalam kesempatan berbeda, menurut Kepala Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan ASN dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kab Sidoarjo, Rahmat Satriawan SSos MHp, kepastian tanggal 31 Mei nanti ASN libur atau tetap masuk kerja, masih menunggu terbitnya Keputusan Presiden (Keppres).
“Yang jelas sesudah tanggal 31 Mei nanti, ASN libur bersama-sama, terkait Hari raya Idul Fitri, nanti ASN masuk kerja kembali pada 10 Juni 2019,” jelasnya. (kus)

Tags: