Terseleksi 20 Peserta, Hari Ini Pembekalan dan ke Pasar Pabean

Peserta Duta Gemarikan sedang mengikuti babak penyisihan dari 100 peserta akhirnya terpilih 20 orang finalis yang akan diseleksi kembali dalam Grand Final Duta Gemarikan Tahun 2019 untuk meraih Juara 1, 2, 3, dan juara favorite.

Pemprov Jatim, Bhirawa
Sebanyak 20 orang peserta (10 laki – laki dan 10 perempuan, red) dari Kabupaten/Kota di Jawa Timur terpilih sebagai Finalis Duta Gemarikan 2019, setelah melalui seleksi ketat dalam babak penyisihan berupa seleksi administrasi, akademik dan interview, yang diselenggarakan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur.
Selanjutnya, Rabu (20/3) mereka akan diberikan pembekalan sekaligus tes lapangan ke pasar ikan Pabean. Pada Kamis (21/3), ke 20 peserta itu akan menghadapi seleksi terakhir dan akan menunjukkan performance di panggung Penobatan Duta Gemarikan Jawa Timur 2019.
Pada akhirnya, akan terpilih 1 pasangan yang akan dinobatkan sebagai Pemenang Duta Gemarikan Jawa Timur 2019. Penilaian lebih menekankan pada kemampuan berkomunikasi, pembawaan diri, keseriusan, dan komitmen terhadap program – program DKP Jatim.
Kepala DKP Jatim, Gunawan Saleh melalui Kepala Bidang P3KP (Pengolahan dan Pemasaran Produk Kelautan dan Perikanan) Evi Afianasari menyampaikan, terselenggaranya kegiatan pemilihan Duta Gemarikan Tahun 2019 ini untuk meningkatkan konsumsi makan ikan di Jatim dengan melibatkan generasi milenial tersebut.
“Kami manfaatkan kekuatan dan potensi yang dimiliki generasi muda atau generasi milenial yang ada di Jatim,” katanya, Selasa (19/3).
Dikatakannya, untuk pemilihan duta gemarikan tersebut dilaksanakan dua tahun sekali, dan mereka bertugas mempromosikan makan ikan bersama DKP Jatim.
“Generasi milenial memang harus tetap diajak mempromosikan bersama program gemarikan untuk bisa meningkatkan konsumsi ikan,” katanya.
Terbukti, lanjut Evi, ketika mengajak dan menggerakkan generasi milenial, maka dalam satu tahun ada kenaikan konsumsi ikan sebesar 3 kg, dari 31 kg per kapita per tahun ke 34 kg per kapita per tahun. “Sebelumnya belum pernah kenaikan konsumsi ikan naik sebesar itu di Jatim,” katanya.
Sementara untuk juri, merupakan tim penilai dari seluruh rangkaian seleksi. Juri terdiri dari tiga orang yang meliputi Juri Penilai Kepribadian dan kemampuan Bahasa Inggris, Juri Penilai Pengetahuan Umum tentang Kelautan dan Perikanan serta Pengetahuan Umum lainnya.
Kemudian juga ada Juri Penilai Kemampuan Public Speaking dengan gaya komunikasi, interaksi pergaulan dan budaya pop modern kekinian yang dapat diterima oleh semua golongan masyarakat.
“Nantinya, dalam grand final, para juri juga akan memberikan pertanyaan. Termasuk Kepala DKP Jatim juga akan memberikan pertanyaan,” katanya. [rac]

Tags: