Tercatat 938 Calon Jemaah Haji Kabupaten Bojonegoro Lunasi BPIH

Kasi Pelaksana Haji dan Umroh, Kemenag Bojonegoro, Asyik Syamsul Huda.

Bojonegoro, Bhirawa
Pelayanan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk calon jamaah haji reguler tahap I sudah berjalan satu pekan.Tercatat 80 persen atau 938 calon jemaah haji sudah melakukan pelunasan. Diketahui, pelayanan pelunasan tahap 1 BPIH dimulai 15 Maret 2019.
“Hingga saat ini sudah 938 CJH yang melunasi, dan masih masih ada 197 CJH yang belum melunasi BPIH,” kata Kasi Pelaksana Haji dan Umroh, Kemenag Bojonegoro, Asyik Syamsul Huda, kemarin (3/4).
Menurutnya, meski batas akhir pelunasan masih 14 April, namun pihaknya mengimbau kepada CJH yang masih belum lunas untuk segera dilunasi, agar bisa melaksanakan tahapan persiapan lainnya.
“Tahapan tes kesehatan CJH sudah, sedangkan pembuatan Paspor masih berjalan kurang lebih 90 persen,” jelasnya.
Adapun pelunasan BPIH khusus bagi CJH cadangan maupun lansia, nantinya akan ikut pelunasan Tahap II yang mulai dibuka tanggal 30 April hingg 10 Mei.
“Bagi yang telah melakukan pelunasan nanti bakal regestrasi ulang guna memastikan tidak ada kesalahan dalam persyaratannya,” terangnya.
Adapun biaya haji tahun 2019 untuk Kabupaten Bojonegoro mengacu dengan ketetapan biaya haji tingkat Propinsi Jawa Timur yakni sebesar Rp 36.586.945. Dengan biaya haji tersebut diharapkan bagi para CJH segera melakukan pembayaran di Bank, setelah itu bukti pembayaran diserahkan ke Kantor Kemenag Bojonegoro.
“Rencananya, keberangkatan CJH dari Kabupaten Bojonegoro akan berangkat ke Tanah Suci pada bulan Juli mendatang,” pungkasnya.
Adapun saat ini, tahapan CJH Bojonegoro, tengah dalam pembuatan paspor, untuk itu Pihak Kantor Kemenag Bojonegoro berpesan kepada seluruh CJH supaya selalu berkomunikasi, baik melalui KUA maupun komunikasi dengan KBIH untuk mengetahui perkembangan informasi keberangkatan. [bas]

Tags: