Tekan Pungli, Perumda Tirta Kanjuruhan Luncurkan Layanan e-Transaksi

Bupati Malang HM Sanusi didampingi Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan Kab Malang HM Syamsul Hadi, bersama Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung dan Kepala Kejaksaan Kepanjen Abdul Kohar dan Ketua DPRD Kab Malang Didik Budi Muljono saat melaunching layanan E-Transaksi Perumda Tirta Kanjuruhan, di aula kantor setempat

Kabupaten Malang, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dalam menekan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang dilakukan baik itu pejabatnya maupun stafnya, maka hal itu dilakukan berbagai upaya dalam pencegahannya. Diantaranya, memberikan pelayanan masyarakat dengan sistem pembayaran menggunakan transasksi layanan digital atau E-Transaksi.
Seperti yang dilakukan Perusahaan Daerah (Perumda) Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, yang mana telah melaunching E-Transaksi. Sehingga pelanggan air bersih pada perusahaan setempat, kini tidak lagi melakukan pembayaran pemakaian air dengan cara mendatangi loket di masing-masing Kantor Unit Perumda Tirta Kanjuruhan, tapi kini pelanggan cukup membayaran tagihan melalui bank yang telah ditunjuk oleh perusahaan tersebut, atau melalui Playstore pada perangkat Hand Phone (HP) yang memiliki fasilitas android.
“Kami sangat mengepreasi Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, yang telah memberikan pelayanan kepada pelanggannya terkait pembayaran tagihan rekening air melelui E-Transaksi. Sehingga dengan sistem layanan digital tersebut, maka hal ini untuk mencegah terjadinya korupsi,” ujar Bupati Malang HM Sanusi, Senin (4/11), usai melaunching layanan E-Transaksi Perumda Tirta Kanjuruhan, di aula kantor setempat.
Dia menegaskan, dirinya berkomitmen untuk menekan angka tindak pidana korupsi dilingkungan Pemkab Malang dengan berbagai upaya, yang salah satunya adalah pelayanan transaksi dengan menggunakan aplikasi digital. Karena dengan pembayaran menggunakan E-Transaksi, tentunya pembayaran tagihan baik itu pajak maupun tagihan rekening air tidak menggunakan uang tunai, tapi cukup datang di bank, yang kemudian pembayaran dibuktikan dengan struk pembayaran.
“Dirinya sudah berkoordinasi dengan Kapolres Malang, jika ada pejabat ataupun staf dilingkungan Pemkab Malang, yang masih main-main dengan pungutan liar (pungli) atau sengaja melakukan korupsi, maka mereka akan dilakukan penangkapan, yang selanjutnya akan diproses hukum,” tegas Sanusi.
Ditempat yang sama, Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang Syamsul Hadi mengatakan, pihaknya telah meluncurkan sebuah inovasi untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, yaitu E-Transaksi. Hal ini kita lakukan agar mempermudah pelanggan dalam membayar tagihan rekening air, tanpa harus mendatangi loket pembayaran, yang sebelumnya membayar dengan uang tunai. “E-Transaksi ini mengimpementasi dalam bentuk aplikasi bernama Sistem Pembayaran Integrasi Tirta Kanjuruhan (Sipika) yang dapat di unduh melalui Playstore di perangkat android,” jelasnya.
Menurutnya, layanan transaksi elektronik ini dihadirkan untuk menekan dan mengantisipasi terjadinya pungli. Sehingga pihaknya merealisasikan pembayaran dengan E-Traksaksi, agar lebih transparan. Oleh karena itu, Perumda Tirta Kanjuruhan memperkenalkan pembayaran secara elektronik. Dan dengan hadirnya
aplikasi Sipika ini, yang jelas akan memudahkan para pelanggan dalam membayar tagihan rekening air.
Selain membayar tagihan air, kata Syamsul, pelanggan juga mengakses pembayaran tagihan lain, seperti iuran listrik dan BPJS. Kemudian, aplikasi itu juga memungkinkan digunakan untuk memesan tiket pesawat atau kereta api. Sehingga pelayanan yang kami berikan kepada masyarakat agar membrikan kemudahan dan cepat untuk bertransaks. “Dan Jenis layanannya seperti tagihan rekening air dan non air,” tuturnya.
Dia sangat berharap, dengan hadirnya E-Transaksi bisa benar-benar efektif dan memudahkan pelanggan serta masyarakat. Sehingga dirinya meminta kritik dan saran kepada masyarakat, agar pelayanan yang kita miliki ini bisa berkembang dan terus berinovasi. Sehingga E-Transaksi bisa memberikan akses pembayaran yang mudah dan cepat tanpa adanya pungli. [cyn]

Tags: