Tangkal Radikalisme dengan Muhibah Umat

Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono bersama Ketua DMI Situbondo KH Zaini Munim Ridwan saat melepas rombongan Muhibah Ummat III tahun 2019, dihalaman Mapolres Situbondo Sabtu (26/10). [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono bersama Ketua DMI Situbondo KH Zaini Munim Ridwan melepas rombongan Muhibah Umat III tahun 2019, di halaman Mapolres Situbondo Sabtu (26/10). Kegiatan religius ini mengambil tema ‘Iktiar Makmurkan Masjid Menangkal Radikalisme’ untuk memperkokoh persaudaraan se-Kabupaten Situbondo.
Rombongan Muhibah Ummat III tahun 2019 didukung sejumlah ponpes (pondok pesantren), tokoh agama, tokoh masyarakat, santri, perwakilan ormas, pelopor, satria, JRA-LKP, Paskamas Al-Gewari, Jamaah Bekam, TNI/Polri dan elemen masyarakat.
Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono menegaskan, kegiatan muhibah ummat merupakan program kemitraan Polres Situbondo bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) Situbondo bersama para ulama/kiai dan tokoh agama (toga) yang ada di Kabupaten Situbondo.
Ini diselenggaran, aku Kapolres Awan, dalam rangka untuk meningkatkan jalinan tali silaturahmi dan untuk menyapa umat. “Ini diadakan demi meningkatkan ukhuwah islamiyah dan untuk membentengi ummat dari paham radikalisme,” tegas Kapolres Awan.
Kata Kapolres Awan, pogram keagamaan ini rutin dilaksanakan atas kerja sama Polres, Kodim, DMI, ponpes, para ulama/kiai, santri dan Pemerintah Kabupaten Situbondo serta seluruh elemen masyarakat Kota Santri Situbondo.
Adapun tujuan utamanya, ungkapnya, selain untuk menjalin silaturahmi juga untuk menangkal paham radikalisme yang belakangan patut diwaspadai. “Program ini snagat baik untuk tersu kami sinambungkan demi kondusivitas Situbondo kedepan,” ungkap Kapolres Awan Hariono.
Sementara itu Ketua DMI Kabupaten Situbondo KH Zaini Munim Ridwan menambahkan, muhibbah ummat kali ini akan dilaksanakan di Masjid Nizabul Yaqin, di Padukuhan Pondok Langgar, Dusun Banongan Utara, Desa Wringin Anom, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo.
Dalam rangkaian kali ini, lanjutnya, kegiatan muhibbah umat akan diisi dengan kegiatan keagmaan, kegiatan sosial, pengobatan tradisonal bekam, bersih-bersih masjid dan memberikan bantuan kepada warga tak mampu. “Tadi sebelum melepas rombongan, Kapolres Awan Hariono, menitipkan pesan agar ikut menjaga kamtibmas di tengah masyarakat,” pungkas KH Zaini Munim Ridwan.[awi]

Tags: