Tampil Kompak, Raih Juara Kobar Api Tingkat Nasional

Tim LKBB SMAN 1 Panji Situbondo saat meraih best formasi dan best kostum tingkat nasional pada event Kobar Api 2019 SMA/SMK/MA di Tulungagung. [sawawi]

Prestasi SMAN 1 Panji Situbondo 2019
Situbondo, Bhirawa
SMAN 1 Panji atau biasa dikenal dengan sebutan SMAJI Kabupaten Situbondo kembali meraih di tahun 2019 ini. Itu setelah tim LKBB (Lomba Kreasi Baris Berbaris) SMAN 1 Panji berhasil menjadi terbaik ketiga pada katagori best kostum dan terbaik ketiga formasi pada event Kobar Api nasional di Kabupaten Tulungagung.
Tim LKBB SMAJI berhasil membawa piala terbaik setelah tampil atraktif dan terkompak dibanding tim sekolah yang lain se-Indonesia. Perolehan penghargaan ini menambah deretan piala bergengsi yang dimiliki SMAJI Kabupaten Situbondo tahun 2019 ini.
Menurut Kepala Sekolah SMAN 1 Panji, Said Ripin Bukaryo, dirinya selaku pimpinan sangat mengapresiasi pencapaian anak didiknya yang tergabung dalam Tim LKBB, sehingga mampu meraih juara nasional tahun 2019. Kedepan, kata Said, pihaknya akan terus memberikan kesempatan yang luas untuk Tim LKBB dalam keikutsertaan pada event yang lain.
“Capaian ini sangat membanggakan bagi kami. Makanya, semua keluarga besar SMAJI, mulai orang tua murid, tenaga pendidik, peserta, pengurus komite sekolah dan Kasek sangat menyambut dengan suka cita,” tutur Said.
Masih kata Said, untuk mempertahankan prestasi nasional ini, ia bersama pembina dan pendamping Tim LKBB akan terus meningkatkan pola latihan kepada seluruh peserta. Sehingga, urai Said, Tim LKBB SMAJi akan mampu meraih juara pada event event lain dimasa mendatang. Tak hanya itu, kupas Said, ia juga akan meningkatkan sarana dan prasarana latihan sehingga Tim LKBB SMAJI bisa terus bersaing dengan sekolah lain di nusantara.” Saya akan memberikan sarana terbaik kepada Tim LKBB SMAJI sehingga kedepan mampu meraih prestasi yang lebih bersinar lagi,” tutur Said.
Di sisi lain, salah satu pendamping Tim LKBB SMAN 1 Panji, Samrowi SAg, mengatakan, anak didiknya berhasil meraih juara nasional pada dua katagori sekaligus. Di antaranya, sebut Samrowi, juara terbaik Tim LKBB pada katagori formasi dan juara terbaik pada katagori kostum. Dengan raihan prestasi ini, ujar Samrowi, dirinya ikut berbahagia karena bisa membawa pulang piala sekaligus membawa nama baik Situbondo di event nasional. “Semua elemen dunia pendidikan Kota Santri Situbondo, ikut senang dengan capaian prestasi yang diraih Tim LKBB SMAJI ini,” terang Samrowi.
Masih kata Samrowi, capaian ini tidak serta merta diraih begitu saja melainkan harus dilalui dengan berbagai tahapan yang berjenjang. Mulai juara tingkat Kabupaten Situbondo dan tingkat Provinsi Jawa Timur sudah berhasil direngkuh sebelum mengikuti lomba LKBB pada tingkat nasional. “Sejak jauh hari, kami (Tim LKBB SMAJI, red) menyiapkan dengan sebaik baik-baiknya. Termasuk diantaranya melakukan latihan di lapangan. Terakhir kami juga menyiapkan kostum yang akan dipakai oleh peserta,” pungkas pria yang juga menjabat sebagai Pembina OSIS SMAJI Situbondo itu.

Ikon Sekolah Baris Berbaris dan Paskibraka
Tim LKBB SMAJI Kabupaten Situbondo tak hanya dikenal sebagai sekolah pencetak prestasi nasional melainkan juga dikenal sebagai ikon sekolah baris berbaris dan paskibraka di tingkat Kabupaten Situbondo. Khusus untuk personil Tim LKBB SMAJI saat ini dihuni sebanyak 16 personil yang selalu intens dalam berbagai event lomba.
Menurut Kepala Sekolah SMAJI Situbondo, Said Ripin Bukaryo, LKBB SMAJI sebelumnya sudah meraih level lain dan sudah menjadi ikon pencetak tenaga ahli baris berbaris dan langganan sebagai peserta paskibraka di Kabupaten Situbondo. Baik pada event tingkat Kabupaten Situbondo maupun pada event lomba baris berbaris di tingkat Provinsi Jawa Timur. “Kami sudah berkali kali meriah juara umum. Mulai tahun 2012 lalu, sudah sering meraih juara 1 di Kabupaten Situbondo dan Provinsi Jatim. Termasuk diantaranya juara pada event Kobar Api di Tulungagung ini,”beber Said.
Sementara itu Samrowi SAg, pembina bidang akademik dan OSIS SMAJI menimpali, ada berbagai macam katagori yang di ikuti Tim LKBB SMAJI Situbondo. Dari event tersebut, kupasnya, Tim LKBB SMAJI berhasil meraih juara pada katagori best danton dan formasi pada Kobar Api di Tulung Agung.
“Ke depan kami akan terus fokus pada pencapaian prestasi yang lain. Sebenarnya inti dari event ini untuk melakukan pembinaan pada kedisplinan siswa. Karena kedisiplinan itu merupakan inti dari segalanya. Termasuk diantaranya sikap yang rajin, akan menopang sebuah prestasi siswa,” tegas Samrowi.
Masih kata Samrowi, pihaknya juga selalu menanamkan sikap lain diantaranya peningkatan etika moral dan akhlak yang mulia kepada semua siswa sehingga tidak hanya fokus pada sikap kedisplinan semata.
“Prestasi LKBB SMAJI ini diraih karena juga ditopang oleh pembina dari Kodim 0823 Situbondo. Kami sudah cukup lama melakukan kerjasama dengan Kodim. Bahkan Tim LKBB SMAJI ini sering juga diundang pada acara di Kodim Situbondo,” pungkas Samrowi. [awi]

Tags: