Tak Pernah Sepi Prestasi, Seimbangkan Akademik dan Non-akademik

M Fadhil Akhiruna A dan Rifki Abinul Hakim didampingi guru SDN 1 Dawuhan, Hari Hartanto dan Erick Nova Indranata saat meraih juara try out tingkat Kabupaten Situbondo.

Mengenal SDN 1 Dawuhan – Situbondo
Situbondo, Bhirawa

SDN 1 Dawuhan, dikenal sebagai salah satu gudangnya siswa berprestasi SD Negeri di Kabupaten Situbondo. Terbukti, setiap tahun sekolah yang kini dipimpin Bambang Hariyanto itu selalu meraih prestasi akademik maupun non akademik. Bahkan SDN 1 Dawuhan itu kerapkali meraih juara untuk level regional Jawa Timur.
Lebih fenomenal lagi, salah satu siswanya yang bernama Brilly mampu tembus olimpiade di Singapura belum lama ini. Di sisi lain, SDN 1 Dawuhan Situbondo itu juga banyak mencetak siswa berkarakter hingga lulus di SMPN, SMAN/SMKN terfavorit dan PTN terkenal di Tanah Air.
Kepala Sekolah (Kasek) SDN 1 Dawuhan, Bambang Hariyanto, mengatakan, sejak ia memimpin SDN tersebut sudh berkomitmen untuk menjadikan lembaga pendidikan yang maju dan berprestasi secara akademik dan non akademik. Selain itu, kata Bambang Hariyanto, ia menyiapkan tenaga pendidik yang handal dan memiliki penguasaan ilmu yang berkompeten.
“Sejak awal saya juga berkomitmen untuk mewujudkan sistem pendidikan yang maju dan menjunjung pendidikan yang berkarakter serta mengedepankan akhlak yang mulia kepada semua peserta didik,” tegas Bambang.
Masih kata Bambang, dirinya bersama seluruh pendidik juga mengajarkan berbagai ilmu terapan serta memberikan ruang yang luas kepada para siswa untuk menguasai ilmu ilmu umum. Tak hanya itu, lanjut Bambang Hariyanto, lembaganya juga memberikan pendalaman ilmu non akademik melalui kegiatan ekstra kurikuler kepada seluruh peserta didik.
“Dengan pemberian ilmu dari berbagai bidang itu, kami (SDN 1 Dawuhan) kerapkali menjadi juara dalam berbaga lomba baik dilevel Kabupaten Situbondo maupun level Pemprov Jatim,” papar pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris PGRI Kabupaten Situbondo.
Sementara itu Kepala Humas SDN 1 Dawuhan Erick Nova Indranata, menandaskan, sejak beberapa tahun terakhir ini siswa siswinya yang menimba ilmu di SDN 1 Dawuhan mampu bersaing dengan sekolah lain dalam raihan prestasi. Misalnya saja dalam setahun 2017 ini ada siswa bernama Gilda Vania Yoshe yang mampu meraih juara harapan 1 MIPA tingkat Jatim dan M Fadhil Akhiruna A meraih juara 2 try out Kabupaten Situbondo.
“Sedangkan Rifki Abinul Hakim dan Adelia Putri Andini dan Clarissa Ardelia Putri masing masing juara 3; harapan 2 dan harapan 3 dalam try out yang sama,” terang Erick.
Di sisi lain dibidang lomba story telling Bahasa Inggris tingkat Kabupaten Situbondo atas nama Afifah Maulidyaningrum berhasil nangkring diurutan 2 dan Rafli Abinul Hikam serta Rifki Anbinul Hakim berhasil menjuarai nomor 2 dan harapan 2 pada event olimpiade Bahasa Inggris tingkat Jatim.
“Terakhir siswa siswi kami juga membawa pulang piala juara 1 pada lomba pencak silat POR SD dan O2SN, juara 2 pantomim FL2SN tingkat Kabupaten Situbondo serta juara 1 bintang kelas 5 yang diadakan Mapolres Situbondo,” pungkas Erick.

Bangga, Langganan Juara Bahasa Inggris Terbaik Se-Jatim
Selain mampu menguasai ilmu ilmu umum, siswa siswi SDN 1 Dawuhan Situbondo juga menjadi langganan pada ajang lomba Bahasa Inggris, mulai tingkat Kabupaten hingga event yang diadakan di tingkat Provinsi Jatim. Salah satunya berhasil diukir oleh Rafli Abinul Hikam dan Rifki Abinul Hakim, yang mampu membawa pulang juara 2 dan juara harapan 2 olimpiade Bahasa Inggris tingkat Jatim. Dua siswa yang dikenal cerdas ini juga mampu menyapu juara pada lomba olimpiade yang sama di event tingkat Kabupaten Situbondo.
Menurut Bambang, ada berbagai pencapaian prestasi yang cukup fenomenal berhasil diraih anak didiknya selama 2017. Semua penghargaan itu berhasil dicapai dengan baik, aku Bambang, karena ia selalu melibatkan PSM (peran serta masyarakat), sehingga sekolah tidak sepi dari aktivitas orang tua murid. Yang membanggakan lagi, urai Bambang, pada puncak peringatan HUT Korpri tahun 2017 baru baru ini. “Alhamdulillah, ada berkah tersendiri bagi saya yang mampu mendapatkan penghargaan khusus dari Bupati Situbondo Dadang Wigiarto SH sebagai Kasek berbudaya kinerja terbaik di Kabupaten Situbondo,” ungkap Bambang.
Bambang yang juga menjabat sebagai pemeriksa kenaikan pangkat ASN di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Situbondo itu sangat mengapresiasi penghargaan dari Korpri Situbondo tahun 2017 tersebut. Bambang Hariyanto, selain mengabdi sebagai seorang pendidik juga aktif di kepengurusan PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Kabupaten Situbondo. Dikalangan koleganya Bambang juga dikenal piawai dan sukses dalam menjalankan setiap amanah yang diembannya baik sebagai seorang Kasek maupun Sekretaris PGRI Kabupaten Situbondo. “Penghargaan ini merupakan tantangan yang berat bagi saya. Tentunya kedepan saya harus memberikan kontribusi terbaik, terutama bagi majunya pendidikan di SDN 1 Dawuhan Situbondo,” papar Bambang Hariyanto.
Bambang menambahkan, penghargaan sebagai Kasek berbudaya kinerja terbaik Kabupaten Situbondo tahun 2017 berhasil diraih karena ditopang kekompakan dari para tenaga pendidik, komite sekolah, orang tua murid dan semua tenaga didik di SDN 1 Dawuhan Situbondo. Berkat adanya kebersamaan itulah, sambung Bambang Hariyanto, ia ditahbiskan sebagai satu diantara Kasek berprestasi pada HUT Korpri 2017. “Penghargaan mengharumkan ini kami persembahkan kepada seluruh keluarga besar SDN I Dawuhan Situbondo. Semoga sekolah yang kami pimpin ini terus menjadi sekolah berprestasi di Kota Bumi Shalawat Nariyah,” pungkas Bambang Hariyanto. [awi]

Tags: