Tak Pernah Berhenti Berinovasi

Sofia Nurkrisnajati Atmaja

Sofia Nurkrisnajati Atmaja
Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Delta Artha Sidoarjo di bawah komando Sofia Nurkrisnajati Atmaja semakin menunjukkan taringnya. BPR milik Pemkab Sidoarjo kini tak bisa dipandang sebelah mata karena dari waktu kewaktu semakin berkembang pesat berkat inovasi layanannya.
Salah satu inovasi yang segera diluncurkan adalah menyediakan produk layanan lewat fasilitas Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Card Less. Layanan ini bakal memberikan kemudahan bagi nasabah yang akan melakukan proses penarikan uang.
“Kami ingin BPR Delta Artha bisa semakin besar dan tangguh serta ikut membantu pembangunan perekonomian Sidoarjo. Makanya kami tak henti-hentinya untuk terus melakukan inovasi layanan,” ujar Sofia Nurkrisnajati Atmaja, yang sehari-hari menjabat Direktur Utama BPR Delta Artha ini.
Dengan model ATM Card Less, kata Sofi, panggilan akrabnya, tentu saja nanti dalam penarikan nasabah tidak perlu lagi memakai kartu ATM. Tapi hanya cukup memanfaatkan smartphone. Sistem ATM Card Less ini, menurut Sofi, belum banyak diterapkan di dunia perbankan.
Perempuan 43 tahun ini juga menjelaskan, bila nasabah akan melakukan penarikan uang, maka harus SMS lebih dulu dengan smartphone kepada petugas. Nanti nasabah akan mendapatkan balasan SMS, berupa nomor PIN nya. Kemudian nasabah bisa memasukkan nomor PIN-nya pada mesin ATM Card Less.
Dalam penarikan uang di ATM ini, kata Sofi, nasabah bisa mengambil maksimal sampai Rp5 juta. Selain penarikan, nasabah juga bisa memakainya untuk keperluan transfer.
“Menurut evaluasi kami, sistem ini akan lebih aman. Sebab setiap transaksi, PIN selalu berubah. Tidak khawatir bila kartu ATM hilang, juga tidak khawatir kartu ATM tertelan dalam mesin,” jelas perempuan kelahiran Ponorogo itu.
Pada tahap awal, akan dipesan lima unit mesin ATM ini. Diantaranya untuk ditaruh di Kantor Cabang Utama, Cabang Krian, Kantor Kas Porong, Kantor Kas Taman dan di Kantor Setda Sidoarjo. Saat ini baru datang dua unit.
Namun diakui untuk sementara waktu ini, pihaknya masih harus menunggu proses izin dulu dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karena apa yang akan dilakukan BPR Delta Artha Sidoarjo itu, termasuk izin usaha baru. “Tapi Insya Allah bisa tahun ini, mohon doanya, kreasi pelayanan kami ini agar BPR Delta Artha bisa semakin besar dan tangguh,” katanya.
Sofi lebih lanjut mengatakan, pada tahun ini BPR Delta Artha Sidoarjo juga akan menempati kantornya yang beberapa bulan ini sempat direhab. Awalnya dari tiga lantai saat ini sudah menjadi tujuh lantai. Rehab ini dilakukan, salah satunya karena nasabah BPR yang berada di Jl A Yani 16 Sidoarjo itu, semakin tambah banyak saja. [kus]

Rate this article!
Tags: