Tak Digaji Sembilan Bulan, Karyawan PT JW Demo Rekanan

Surabaya, Bhirawa
Ratusan pekerja/buruh dan serikat pekerja dari PT JW (Jatim Watkoraya) mendatangi kantor PT SI (Scneider Indonesia) yang berlokasi di gedung Graha Pena, Surabaya. Perwakilan serikat pekerja tersebut ternyata tidak menjumpai jajaran manajemen PT SI dikarenakan sedang diliburkan karena ada aksi demo.
Sekedar diketahui, PT SW merupakan perusahaan distributor berkedudukan di Surabaya bergerak dibdiang penjualan dan alat listrik. Mereka telah ditunjuk sebagai distributor oleh PT SI selama 28 tahun.
Pekerja menduga PT JW tidak bisa memenuhi gaji karyawannya akibat PT SI belum menyelesaikan kewajibannya kepada PT JW.
Ketua SPSI PT JW, Dandy Suprayitno mengatakan, dalam aksi demo ini hanya ingin penjelasan dari PT SI terkait status PT JW, hingga kini dari dampak tersebut banyak karyawan yang tertunda pendapatannya hingga sembilan bulan.
Dikatakanya, permasalahan antara PT JW dan PT SI sebenarnya sudah pernah ada upaya penyelesaian secara bipartit, namun hasilnya kandas. Selanjutnya, ketika difasilitasi melalui Disnakertrans Provinsi Jatim, sayangnya jajaran dari PT SI tidak ada yang memenuhi undangan untuk hadir dalam penyelesaian masalah.
Ia berharap pengelola Graha Pena bisa turut memfasilitasi pertemuan bersama antara serikat pekerja PT JW, manajemen PT SI, dan Disnakertrans Jatim. “Kami ingin tahu penjelasan dari PT SI. Kasihan karyawan tidak mendapatkan gajinya selama sembilan bulan. Dalam waktu dekat kami juga akan berkunjung ke Disnakertrans Jatim,” katanya.
Dalam tuntutannya tersebut, serikat pekerja meminta agar PT SI memberikan kompensasi pada pekerja PT JW yang telah menjual produk dan memasarkan produk PT SI selama 28 tahun di Indonesia dan Jatim.
“Kami mengajak agar sama-sama hormati dan selesaikan hubungan kerja PT SI dan PT JW dengan baik dan tanggung jawab,” ujarnya.
Sementara, perwakilan serikat pekerja akhirnya ditemui perwakilan pengelola gedung Graha Pena Surabaya, Prima dengan jajarannya. Prima membenarkan PT SI menyewa perkantoran dan berupaya mengkontak jajaran PT SI, sayangnya juga tidak ada respon.
Dalam pertemuan kurang dari satu jam itu, pengelola Graha Pena memahami permasalahan aksi demo tersebut dan berupaya melayangkan surat pada PT SI untuk segera menyelesaikan permasalahannya dengan PT JW. Hal ini dikarenakan adanya demo tersebut berdampak pada penyewa lainnya yang ada di gedung tersebut. [rac]

Tags: