Tahun Ini Pemkab Blitar Siap Gelar Pilkades Serentak Di 167 Desa

Drs. Rijanto, MM

Kabupaten Blitar, Bhirawa
Tahun 2019 ini sebanyak 167 Desa di Kabupaten Blitar dijadwalkan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 15 Oktober 2019 mendatang.
Bahkan Pemerintah Kabupaten Blitar secara resmi telah meresmikan dukungan elemen satuan kinerja (Desk) Pilkades serentak tahun 2019 di Pendopo Kabupaten Blitar pada Rabu (13/06) kemarin.
Bupati Blitar, Drs. H Rijanto, MM mengatakan tahun ini ada 167 Desa tersebar di 22 Kecamatan yang akan menggelar Pilkades serentak, dimana proses pemungutan suara akan digelar pada 15 Oktober 2019 mendatang.
“Tahun ini pelaksanaan Pilkades serentak lebih banyak dari tahun kemarin yang sekarang jumlahnya ada 167 Desa,” kata Bupati Rijanto.
Lanjut Bupati Rijanto sejumlah tahapan sudah mulai dilakukan, dimana untuk tahap persiapan mulai tanggal 18 Juni hingga 27 Agustus 2019, kemudian untuk tahap pencalonan akan dimulai tanggal 30 Juli hingga 14 Oktober 2019.
“Yang selanjutnya tahapan penetapan hingga pelantikan mulai tanggal 16 Oktober hingga 13 Desember 2019 mendatang,” jelasnya.
Selain itu dikatakan Bupati Rijanto, pihaknya mengaku dikarenakan jumlah desa yang menyelenggarakan Pilkades serentak cukup banyak, dimungkinkan potensi kerawanan juga akan meningkat dibanding dengan penyelenggaraan Pilkades serentak di tahun sebelumnya. “Sehingga untuk Desk Pilkades anggotanya juga terdiri dari pihak Kepolisian dan TNI yang akan membantu melakukan tindakan antisipasi dan meningkatkan proses pengawasan di lapangan sejak dini,” terangnya.
Bahkan dikatakan Bupati Rijanto, pihaknya selanjutnya akan melakukan sosialisasi soal tahapan penyelenggaraan Pilkades serentak bagi Desa yang menyelenggarakan Pilkades.
“Kami berharap pelaksanaan Pilkades serentak kedepan bisa berjalan dengan lancar, aman, dan kondusif,” imbuhnya.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Sugianto berharap Pemkab Blitar untuk lebih banyak melakukan sosialisasi tahapan Pilkades serta sosialisasi kapan pelaksanaan Pilkades serentak tersebut.
“Karena ini juga sangat penting untuk meminimalisir konflik serta menjaga kelancaran Pilkades di masing-masing Desa yang sedang melaksanakan pesta demokrasi tersebut dapat berjalan dengan lancar,” pungkasnya. [htn]

Tags: