SWA Ciptakan Ibu-ibu Muda Jadi Wirausaha Baru

Suasana ramai para ibu-ibu wirausaha baru sedang mempromosikan hasil produksinya. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Sekolah Wirausaha Aisyiyah (SWA) baru yang digagas oleh Pengurus Daerah Aisyiyah Sidoarjo setahun yang lalu terus mengalami peningkatan. Sudah sekitar 300 wirausaha muda yang berkembang. Kini SWA dibuka untuk tahun kedua di tahun 2019 ini dengan sasaran ibu-ibu muda yang masih produktif.
Kondisi tersebut, terlihat saat PD Aisyiyah Kabupaten Sidoarjo menggelar Talkshow Muslimah bersama motivator Drs Sambit Wahyudiojo dan artis Oki Setiana Dewi, pada Minggu (10/11) di Aula SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Selain talkshow juga dilakukan gelar hasil produksi para wirausaha muda yang sudah berjalan dengan baik.
Ketua PD Aisyiyah Sidoarjo ST Zubaidah Syafi’i usai membuka acara mengatakan ada sekitar lima ratus warga Aisyiyah dan masyarakat umum yang turut mengikuti talk show ini. Kegiatan ini bertujuan untuk menggerakkan lagi semangat ibu-ibu Aisyiyah maupun di luar Aisyiyah, agar kemampuan enterpreunernya bangkit kembali.
“Karena semangat usaha ibu-ibu inikan naik turun dan angin-anginan. Kalau sudah kumpul sama teman-temannya semangat, tapi kalau sudah di rumah sudah tidak semangat lagi. Makanya kita buat perkumpulan wirausaha ini, agar ibu-ibu kembali semangat berwirausaha. Dan Aisyiyah akan mendampingi ibu-ibu dalam berwirausaha,” kata Zubaidah.
Masih menurut Zubaidah, dengan kegiatan talk show ini, diharapkan perempuan akan bisa berkarya mandiri dan tidak menggantungkan nasibnya kepada suami. Karenanya, pada pelaksaan talkshow sesi kedua yang menghadirkan artis Oki Setiana Dewi, akan diberikan materi tentang Khadijah di era millenial.
“Khadijah inikan sosok yang mandiri dan kuat dengan wirausahanya. Karenanya kita ingin agar ibu-ibu bisa berwirausaha sendiri, dan tidak hanya menggantungkan nasibnya kepada sang suami,” jelas Zubaidah
.Selain memberikan wawasan tentang wirausaha, Aisyiyah juga sudah membuka sekolah wirausaha tiap hari minggu. Untuk periode pertama tahun 2018-2019, yang sudah lulus sebanyak 250 orang wirausaha. Pada periode ke 2 ini, sudah ada 90 orang yang mendaftar.
“Sekolah Wirausaha Aisyiyah ini kita buka tiap hari Minggu dengan bermacam kelas wirausaha,” jelas Zubaidah.
Sementara itu, Sambit Wahyudiojo pembicara sesi awal talkshow Muslimah, menyampaikan materi dengan judul ‘Saatnya Jihad Membangkitkan Ekonomi Umat’. Materi seputar pemahaman persaudaraan bagi umat Islam sebagai jaringan bisnis.
“Karena bisnis itu bersyarat. Dan agar Islam kuat adalah jaringan persaudaraan bisnis yang kuat pula,” ungkap Sambit.
Soal adanya SWA, Ia menilai hal yang sangat baik. Bahkan kalau bisa dikemas judulnya wirausaha mandiri. “Bisa di design mulai pembelajaran awal, pengemasan hingga pemasaran. Kalau perlu peserta yang ikut sekolah wirausaha ini, bisa dikatakan lulus jika sudah bisa menjual hasil usahanya dan untung,” jelas Sambit. [ach]

Tags: