Surabaya Kirim Delegasi Terbanyak Robofest Japan 2019

Sebelas siswa yang akan mengikuti kompetisi Robotfest saat bincang-bincang dengn Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Ikhsan, Kamis (16/8).

Surabaya, Bhirawa
Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya, Ikhsan melepas sebelas siswa yang akan mengikuti kompetisi Robofest Japan 2019, pada 22-27Agustus mendatang. Dibandingkan daerah-daerah lain, Kota Surabaya mengirimkan delegasi terbanyak pada kompetisi tingkat internasional tersebut.
“Mereka berasal dari jenjng SD dan SMP. Saya rasa mereka sudah cukup siap kan kompetisi yang akan dihadapi nanti. Karena setelah kita ngobrol para siswa cukup antusias dengan kompetisi ini, “ujar dia, Kamis (15/8).
Sebelum mengikuti Robofest Japan, seluruh siswa tersebut telah mengikuti Robofest Indonesia Open pada 30 April sampai 2 Mei 2019 lalu. Kegiatan tersebut didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Dari sebelas delegasu itu, rata-rata mereka mendapt award dan rekomendasi dari juri Robofest Indonesia Open untuk bertanding di Jepang.
Salah satu tim pendamping, Rodik Wahyu Indrawan menuturkan, untuk perlombaan di Jepang akan berbeda bagi siswa SD dan SMP. Terutama di tracknya.
“Oleh panitia akan diberi soal, kemudian peserta diminta untuk memecahkannya,” kata dia.
Pria yang juga menjabat Kepala LKP AWG Robotic ini melanjutkan, pada kompetisi Robofest Indonesia Open lalu diikuti 260 siswa se-Indonesia. Namun, yang melanjutkan ke kompetisi Robofest Japan hanya 33 siswa.
“Dari jumlah itu, 11 siswa berasal dari Surabaya dan terbanyak mengirimkan wakilnya,” lanjutnya.
11 siswa yang berangkat ke Jepang, antara lain Fairuz Ogga Parahita dari SD Bhayangkari I, Irsya Fawwaz Brahmantyo dan Ardy Yuriz Alif dari SD Islam Al Falah. Kemudian Hernawan Santosa dari SMPN 1 Surabaya, Mochammad Rajiv Aqiila, Andhika Haryo Pradipto, Maulan Randi Syahputra, ketiganya dari SMP Islam Al Hikmah. Empat siswa lainnya berasal dari SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya. Mereka adalah Nashwa Farenza Anataya, Samudra Timur, Fakhri Athaurrahman Wibowo, dan Rakha Robredo. [ina]

Tags: