SMK Krian 1 Optimistis Penuhi 22 Rombel

Sejumlah permesinan karya siswa SMK Krian 1 yang dipamerkan dalam TEFA.

Sidoarjo, Bhirawa
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMK negeri baru akan dibuka pada 17 Juni mendatang. Namun, PPDB di sekolah swasta justru sudah kebanjiran siswa. Salah satunya di SMK Krian 1 Sidoarjo yang mengklaim telah memenuhi 95 persen dari kuota tersedia.
Kepala SMK Krian 1 Sidoarjo Dini Mekasari menuturkan, pihaknya terus berupaya meningkatkan layanan pendidikan yang bermutu sesuai dengan tuntutan masyarakat saat ini. Tak tanggung-tanggung, pihaknya menargetkan tahun ini dapat memenuhi 22 rombongan belajar dalam PPDB tahun ini. “Kita berharap dapat menjadi pedoman bagi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan PPDB untuk melaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan penuh tanggung jawab,” harap Dini Mekarsari, kemarin(12/6).
Dalam PPDB tahun ini, pihaknya menargetkan 22 Rombel yang tahun lalu hanya dibuka 18 Rombel. Ia mengatakan, terdapat empat program keahlian yang menjadi favorit masyarakat, masih pada kompetensi keahlian diantaraya, Teknik Komputer Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Pengelasan, Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan Teknik Pemesinan.
Dari keempat kompetensi keahlian masing-masing memiliki keunggulan yang sangat dibutuhkan Dunia Usaha Dunia Industri (Dudi) dikarenakan di SMK Krian 1 sudah berbasis Industri, dan sudah melaksankan pembelajaranya Teaching Factory. “TEFA (Teaching Factory) adalah model pembelajaran di SMK berbasis produksi/jasa, yang mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industry, dan dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri.
“Adapuan pelaksanaan Teaching Factory menuntut keterlibatan mutlak pihak industri sebagai pihak yang relevan menilai kualitas hasil pendidikan di SMK Krian 1. Pelaksanaan TEFA, juga melibatkan pemerintah, pemerintah daerah dan stakeholders dalam pembuatan regulasi, perencanaan, implementasi maupun evaluasinya,” katanya.
Lanjutnya, untuk saat ini komptensi kehalian rekayasa persangkat lunak atau teknik komputer sudah melayani jasa Pembuatan Aplikasi, baik berbasis Dekstop maupun berbasis Website, Instalasi Jaringan, Advertising, Desain Grafis, Undangan, Stempel, Souvenir, 3D printing, Maintenance Komputer dan Jasa Pengadaan Kmputer, Laptop dan Aksesoris. [ach]

Tags: