Siswi SMP IT Inka Hafal 3O Juz Tanpa Boarding

Suasana penyematan selendang wisudawati Fauzah Putri Cahyani.

Sidoarjo, Bhirawa
Prosesi wisuda dan pengukuhan tahfid siswa SMPIT Insan Kamil Sidoarjo sangat mengharukan, ketika 120 siswa yang diwisuda salah satunya Fauzah Putri Cahyani. Dia memberikan mahkota kepada orang tuanya sebagai simbolis karena berhasil menghafal dan mengkhatamkan AlQur’an 30 Juz ditempuh tiga tahun dijenjang SMP tanpa boarding.
Program tahfidz merupakan program unggulan di SMPIT Insan Kamil Sidoarjo dan pengukuhan tahfidz ini sebagai bentuk penghargaan bagi penghafal yang sudah dicapai para siswa, capaian hafalan bervariasi diantaranya 5 juz, 10 juz, 14 juz, dan 30 juz.
“Yang luar biasa adalah Faizah Putri Cahyani, mampu menghafalkan 30 Juz hanya selama 3 tahun dijenjang SMP tanpa boarding,” jelas Kepala SMP IT Inka Sekardangan, Sidoarjo Aniqotul Uhbah, pada (23/5).
Wisuda yang bertemakan ‘Jadikan Ilmu dan Al Qur’an sebagai Bekal Tuk Meraih Masa Depan Gemilang’ tersebut, diawali dengan kirab dan prosesi wisuda,dilanjutkan pengukuhan penghafal Alquran.
“Alhamdulillah di tahun ini ada satu siswi kita yang dapat menyelesaikan hafalan 30 juz dalam waktu 3 tahun. Sebuah proses yang panjang dan tidak mudah bagi anak-anak kita untuk bisa sampai di tahap ini,” katanya.
Ia katakan, ditengah kesibukan belajar dan mengasah diri, mereka masih memiliki semangat yang tinggi untuk menjadi seorang penghafal Al-Qur’an, yaitu Faiza Putri Cahyani kelas IX-3. “Faiza ini telah membuktikan bahwa, tanpa sekolah boarding pun mampu menjadi seorang hafidzah,” terang Ani Qothul Uhbah.
“Usaha mncapi 30 juz memang tidak mudah, dan penuh perjuangan, kami selaku orang tua begitu merasakan hal tersebut. Mulai dari bangun tidur pagi saya harus meluangkn waktu untuk menyimak setorannya. Dilanjutkan setoran di sekolah, belum lagi ketika harus berjuang untuk belajar dengan akademiknya, sungguh kadang tidak tega mlihatnya,” ungkap Sutriani orang tua Faiza.
Anak pertama ini dikenal rendah hati, murah senyum, dan mudah bergaul bahkan selalu bersemangat dalam belajar, tidak heran jika ananda bisa masuk dalam 5 besar prestasi akademik di kelasnya.
“Tidak hanya bidang akademik, Faiza juga aktif dalam pengurus OSIS dan ISP (Indisipiner Student Patrol). Ia memang layak menjadi ‘inspiring student’,” ucap Ustdh Syinta selaku wali kelasnya. Perkembangan mereka sangat luar biasa, selama 3 tahun harus kita apresiasi, mereka semua adalah anak-anak hebat yang memiliki segudang potensi, dan siap dilejitkan kematangan berpikir.
“Ada rasa bahagia, bangga dan juga sedih karena mereka akan pergi melanjutkan perjalanan menuju jenjang berikutnya. Hanya untaian doa yang bisa kami berikan untuk anak-anak tercinta. Semoga Allah membimbing kalian hingga mencapai kesuksesan,” pungkas Ani Qothul Uhbah. [ach]

Tags: