Siswa SMAN I Sugihwaras Bojonegoro Juarai Pencak Silat Asia-Eropa

Septian Pramana Putra didampingi Kepala SMAN 1 Sugihwaras Kabupaten

Bojonegoro, Bhirawa
Prestasi gemilang berhasil diraih Siswa SMA Negeri I Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro. Kali ini, prestasi lahi di bidang seni bela diri pencak silat antar pelajar pada kejuaraan pencak silat tingkat nasional Asia dan Eropa di Kota Bandung, Jawa barat.
Dia adalah Septian Pramana Putra, siswa kelas XI di SMA Negeri Sugihwaras ini berhasil meraih juara II seni tunggal SMA putra. Septian yang merupakan putra dari pasangan Mirza Fahrudin dan Nimatus Zahra ini mengaku telah berupaya dengan tekad yang gigih dalam mengikuti kejuaraan tersebut.Sebab, pesaing dalam kejuaraan itu tidak hanya dari Indonesia melainkan juga ada dari Negara luar pula.
Septian mengaku sangat senang bisa mengikuti kejuraan pencak silat tersebut, apalagi bisa bertemu dengan peserta dari luar Indonesia yang juga kemampuan tekhnik seni yang cukup bagus pula. “Alhamdulillah bisa menjadi juara II pencak silat tingkat pelajar Asia Eropa,” katanya.
Dia bercerita, sempat grogi mengawali kompetisi tersebut. Apalagi lagi saat tampil mendapat nomor urut paling belakang dalam grup. Dalam mengikuti kejuaraan ini, waktu persiapannya dirasa cukup pendek, meski begitu ia menggunakan waktu latihan secara optimal. ” Setiap ada peluang waktu latihan dimanfaatkan waktu tersebut utuk latihan,” jelasnya.
Dalam kejuaraan tersebut, ada tiga hal yang menjadi acuan penilaian dari juri yakni Tekhnik Kuda-kuda, Keindahan dan ketepatan waktu. Pada saat itu setiap peserta diberi 3 menit untuk menunjukan seni pencak silat dihadapan dewan juri. Oleh karenanya, dalam setiap peserta dituntut untuk menyuguhkan  penampilan terbaik dengan durasi yang cukup pendek.
“Bahkan, sebelum tampil saya sempat telepon ke kedua orangtua, guna menghilangkan rasa grogi dan pastinya minta doa,” jelasnya.
Dengan raihan prestasi itu, Siswa SMAN 1 Sugihwaras ini juga bakal mengikuti seleksi pencak silat yang akan dilaksanakan dalam minggu ini, guna mencari atlet yang akan dikutsertakan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2019. Diharapkan saat mengikuti seleksi nanti juga bisa lolos agar bisa tampil menjadi salah satu wakil atlet Bojonegoro, terlebih lagi bisa meraih medali.
Kepala SMAN 1 Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro, Mohammad Syamsu juga menyampaikan, rasa kebangganya atas keberhasilan Siswa SMAN 1 Sugihwaras ini. Syamsu berharap SMAN I Sugihwaras bisa mempertahankan prestasi yang sudah diraih ini.
“Semoga ini bisa memicu semangat siswa siswi yang lain untuk bisa lebih giat lagi mengukir prestasi,” harapnya.
Dirinya mengatakan, atas torehan prestasi itu, secara internal memberikan beasiswa yang merupakan wujud penghargaan kepada Septian, sekaligus sebagai sport semangat bagi siswa lain agar terus mengembangkan diri untuk meraih prestasi.
Sementara, Kepala Cabdindik Provinsi Jatim Wilayah Bojonegoro – Tuban, Adi Prayitno mengaku senang ada salah satu siswa asal Bojonegoro bisa meraih prestasi pencak silat Asia Eropa. ” Torehan prestasi itu bisa menjadi semangat sekolah lain,” pungkasnya. [bas]

Tags: