Siapkan PAW Anggota Dewan Tulungagung Yang Meninggal Dunia

Jenasah H Makin saat sebelum diberangkatkan menuju pemakaman di Desa Sukodono Kecamatan Karangrejo, Rabu (4/9).

Tulungagung, Bhirawa
Ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Tulungagung, Nanang Rohmad, menyatakan bakal segera melakukan pergantian antarwaktu (PAW) pada anggota DPRD Tulungagung, H Makin, yang meninggal dunia. Makin meninggal dunia di RSUD dr Iskak Tulungagung pada Rabu (4/9) pagi.
“Secepatnya akan kami proses PAW-nya. Kami akan konsultasi terlebih dulu dengan KPU Tulungagung,” ujarnya pada wartawan, Rabu (4/9).
Nanang Rohmad menyebut untuk pengganti Makin di DPRD Tulungagung kemungkinan besar adalah Riska Wahyu Nurfitasari SPd. Ia caleg PBB di Dapil 5 Tulungagung yang jumlah suaranya berada di bawah Makin, yakni sebanyak 928 suara. Sementara Makin memperoleh 7.204 suara.
Meninggalnya Makin membuat DPRD Tulungagung berduka cita. Apalagi mantan Kepala Desa Sukodono Kecamatan Karangrejo tersebut baru saja dilantik untuk kedua kalinya sebagai anggota dewan.
Ketua Sementara DPRD Tulungagung, Supriyono SE MSi, menyatakan rasa dukanya. Ia menyebut meninggal dunianya Makin karena menderita sakit lambung dan sempat mendapat perawatan di RSUD dr Iskak.
“DPRD Tulungagung hari ini berduka. Kabar yang kami terima meninggal dunia karena sakit lambung,” tuturnya.
Sedang soal pengganti Makin di keanggotaan dewan, Supriyono menyatakan hal itu menjadi kewenangan DPC PBB Tulungagung. DPRD Tulungagung menunggu proses selanjutnya dari DPC PBB Tulungagung.
“Proses lama tidaknya (PAW) tergantung partainya. Karena di setiap partai ada mekanisme sendiri-sendiri , selain juga terkait dengan KPU,” paparnya.
Apakah kemungkinan pelantikan anggota dewan hasil PAW tersebut akan dibarengkan dengan caleg terpilih dari Partai Golkar, H Asrori, yang baru pulang melaksanakan ibadah haji, Supriyono menyatakan belum bisa memastikannya pula. “Kalau bisa dibarengkan saja. Tetapi kan tergantung dari kesiapan PBB,” tuturnya.
Makin selama menjadi angota DPRD Tulungagung perode 2014 -2019 tercatat sebagai anggota Komisi C DPRD Tulungagung. Selain itu ia yang tergabung dalam Fraksi Semangat Baru ditunjuk pula menjadi anggota Badan Anggaran DPRD Tulungagung. [wed]

Tags: