Siapkan 144 Alat E-Votting untuk Pilkades Serentak di Sidoarjo

Dinas PMD Kab Sidoarjo mengumpulkan perangkat dan warga desa di Kab Sidoarjo, untuk mengikuti sosialisasi Pilkades serentak 2020. [alikus/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Dalam Pilkades serentak pada 19 April 2020 mendatang di Kabupaten Sidoarjo, diestimasi akan disediakan sebanyak 144 unit sarana untuk e-votting.
Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kab Sidoarjo, Suprayitno STTP MHP, mengatakan jumlah sarana e-votting tersebut diestimasi dari jumlah daptar pemilih tetap (DPT) dari 18 desa di 18 kecamatan, yang akan melakukan penghitungan suara dengan e-votting.
“Semua anggaran untuk menggunakan sarana e-votting itu ditanggung APBD,” kata Suprayitno, Kamis (26/9) kemarin.
Menurut Prayit, 1 sarana e-votting tersebut punya kapasitas untuk menampung 800 suara pemilih. Tetapi tiap 1 desa mendapat 1 alat sebagai cadangan, antisipasi sarana e-votting bermasalah.
Pihaknya memberi prioritas desa yang akan menggunakan cara e-votting dalam penghitungan suara Pilkades serentak, dengan pertimbangan desa itu jumlah DPT nya besar dan SDM warga cukup siap menggunakan sarana tersebut.
Sarana e-votting dalam Pilkades sangat efisien dipakai dalam penghitunga suara Pilkades, yang jumlah DPT nya besar. Dengan e-votting maka proses penghitungan suara akan cepat selesai dan tidak sampai bisa memanipulasi suara.
Cara e-votting ini, kata Prayit, sudah dimulai di Kab Sidoarjo pada Pilkades serentak tahun 2018 lalu. Saat itu dari 70 desa yang menggelar Pilkades serentak, cara e-votting dipakai pada 14 desa. Pada tahun 2020 mendatang, jumlah desa yang akan menggelar Pilkades serentak ada 173 desa.
“Pilkades serentak di Kab Sidoarjo tahun 2018 lalu dengan menggunakan menggunakan cara e-votting, menjadi pilot project di Provinsi Jawa Timur,” katanya.
Sosialisasi Pilkades pada tahun 2020 mendatang, pada 173 yang akan melakukannya, kata Prayit sudah dilakukan secara bertahap dalam 7 gelombang. Gelombang terakhir pada Kamis (26/9) kemarin, di ruang Delta Graha Setda Sidoarjo.
“Undangan tiap desa dihdiri oleh 5 orang. Terdiri dari 2 unsur perangkat desa dan 3 unsur warga desa,” katanya.
Pembentukan panitia Pilkades tingkat Kabupaten, menurut Prayit, diperkirakan pada Bulan Oktober. Sedangkan pembetukan panitia Pilkades di desa diperkirakan pada awal-awal Bulan November 2019 ini. (kus)

Tags: