Senyum Petani Mengembang Dikala Tanaman Padi Panen

Mojokerto, Bhirawa
Senyum simpul tampak mengembang dibibir mbah Kani warga Dusun Biting Desa Seloliman Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Pasalnya di musim kemarau panjang yang sebagian besar petani tidak bisa beraktifitas mengolah lahannya.tapi mbah Kani justru bisa panen padi dilahan seluas 0,3 ha miliknya.
Hal ini terlihat saat memanen padi di lahan sawahnya, senin 9/9/2019.dengan dibantu beberapa tenaga dan alat manual tetangganya, mbah Kani tampak semangat terganbar di raut wajahnya. Apalagi dengan hadirnya Babinsa setempat, yakni Koptu Yudhi Dwi irwanto yang ikut membantunya dalam memotong padi dengan menggunakan sabit, senyum mbah Kani sebentar sebentar mengembang dari bibirnya, menandakan kegembiraan.
Babinsa Seloliman, Koptu Yudi Dwi Irwanto mengungkapkan, kegiatan pendampingan panen padi varietas Inpari-2 dilakukan di lahan seluas 3.000 meter2 atau 0,3 hektar milik mbah Kani, Anggota Poktan Sumber Makmur-I, Dusun Biting, Desa Seloliman, adalah kuwajiban yang harus dilaksanakan guna ikut menyuseskan swasembada pangan diwilayahnya.
Melihat kondisi butir gabah yang dipanen, kami prediksi mampu menghasilkan gabah kering panen (GKP) sebanyak 2,3 ton, berarti dalam satu hektar produksi padi yang dihasilkan mencapai 7,6 ton. “Sementara harga GKP saat ini ditingkat petani pada kisaran Rp 4.600,- per kilogram, dan harga gabah kering giling (GKG) mencapai Rp 4.800, – s.d. 5.000,-jelas Yudhi.
Sementara itu di tempat berbeda, Danramil 0815/17 Trawas, Kapten Inf Suparno, aktivitas pendampingan pertanian merupakan upaya khusus ketahanan pangan guna membantu petani di wilayah binaan dalam meningkatkan dan mewujudkan swasembada pangan sesuai yang diprogramkan pemerintah.
Pendampingan ini merupakan bentuk dukungan Satuan Komando Kewilayahan termasuk Koramil guna membantu petani dalam mewujudkan swasembada pangan sehingga tercapai ketahanan pangan di wilayah,” ungkap Danramil.( min )tampak dalam foto Babinsa Seloliman Koptu Yudhi saat melakukan pendampingan memanen padi milik mbah kani di Desa Seloliman Kecamatan Trawas. [min]

Tags: