Selama Ramadan PMI Gelar Donor Darah Malam Hari

Ketua PMI Kota Batu, Punjul Santoso

Kota Batu, Bhirawa
Mengantisipasi agar stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batu tidak kehabisan saat bulan Ramadan, mereka akan menggelar donor darah pada malam hari. Dipastikan selama Bulan Puasa ini PMI bakal tetap menggelar donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kabupaten dan Kota Malang.
“Mengantisipasi kekurangan darah kita tetap buka pelayanan donor darah. Hanya saja selama Ramadan pelayanan kita buka pada malam hari saja,” ujar Ketua PMI Kota Batu, Punjul Santoso, Selasa (7/5).
Ia menjelaskan, pihaknya tetap membuka pelayanan donor darah karena ditakutkan PMI Kota Batu akan mengalami kekurangan stok darah di bulan Ramadhan ini. Dikatakan Sekretaris PMI Kota Batu, Abdul Muntholib bahwa hingga bulan April lalu, PMI Kota Batu telah menggelar sekitar 25 kali donor darah.
“Selama lima bulan kami telah menggelar sekitar 25 kali donor darah. Dengan setiap donor darah yang digelar rata-rata pendonor yang datang menghasilkan 30 kantong darah,” jelas Muntholib
Adapun untuk menggelar donor darah, pihaknya harus bekerja sama dengan PMI Kota Malang dan PMI Kabupaten Malang karena PMI Kota belum memiliki fasilitas Unit Transfusi Darah (UTD). Menyikapi hal ini, Punjul mengatakan bahwa pihaknya telah berkomunikasi dengan Kepala Daerah terkait fasilitas UTD yang belum dimiliki tersebut. Dan ditargetkan pada tahun 2020 nanti Kota Batu telah memiliki UTD sendiri.
“Kami juga telah meminta Pemkot Batu untuk menganggarkan alat dan sarpras yang dibutuhkan PMI Kota Batu. Saya sudah sampaikan ke Bu Wali agar melalui CSR,” pungkas Punjul. [nas]

Tags: