Segera Berdiri Ha-Ka Style di Kabupaten Tuban

Bupati Tuban H Fathul Huda dan Wakil Bupati saat menemui para user yang melakukan aksi pada saat peletakan batu pertama pembangunan Ha-Ka Style di Kelurahan Perbon, Kecamatan Tuban.

Tuban, Bhirawa
Bupati Tuban, H Fathul Huda, bersama Direktur Utama PT Hutama Karya Realtindo (HKR), Ari Widiantoro, melakukan peletakan batu pertama pembangunan Ha-Ka Style di Kelurahan Perbon, Kecamatan Tuban, Kamis (16/10).
Ha-Ka Style merupakan kawasan komersial modern Tuban yang terdiri atas pasar modern dan tradisional serta kawasan wisata. Tampak hadir dalam acara di bekas Pasar Besar Tuban (PBT) diatas lahan 5,7 hektar tersebut, juga pimpinan perbankan, instansi vertikal, dan para pimpinan OPD Pemkab Tuban.
Dalam sambutannya, Bupati Huda mengatakan, Pemkab Tuban memberikan perhatian khusus terhadap keberlanjutan pembangunan PBT. Dia secara langsung datang ke Jakarta untuk mengetahui desain, dan teknis pembangunannya.
Pembangunan PBT akan berkonsep modern, dan terintegrasi dengan kawasan Ha-Ka Style Tuban. Hal tersebut lantaran Kabupaten Tuban belum memiliki pasar yang representatif. Keberadaan pasar di beberapa wilayah saat ini masih tergolong kurang bersih dan sangat padat.
Bupati Huda juga menegaskan, keberadaan pasar modern ini harus dapat ditempati semua pedagang dengan berbagai jenis jualan. Sehingga bisa menampung semua kebutuhan masyarakat dan pedagang.
Di samping itu, kehadiran pasar modern diharapkan mampu menciptakan wirausaha baru, dan menyerap banyak tenaga kerja.
“Dapat menyumbang PDRB Kabupaten Tuban mampu mendukung pertumbuhan ekonomi, dan serta menyejahterakan masyarakat Bumi Wali,” jelasnya.
Tidak hanya itu, pembangunan Tuban harus didukung semua pihak. Mulai dari pemerintah, sektor usaha dan masyarakat.
Lebih lanjut, konsep pasar modern yang terintegrasi mampu mempertemukan masyarakat dari berbagai kelas sosial. Hal tersebut sesuai dengan kondisi masyarakat yang multikultural dan beragam.
Bupati Huda menekankan, agar pembangunan segera dilakukan sehingga bisa cepat selesai dan tidak melebihi batas waktu yang direncanakan. Pemkab Tuban terus memonitoring setiap progres pembangunan pasar modern pertama di Tuban.
Orang nomor satu di Kabupaten Tuban ini mengisyaratkan permasalahan yang muncul dapat diselesaikan dengan musyawarah. Polres Tuban siap memediasi semua pihak yang bersangkutan pembangunan pasar modern ini, sehingga menemukan solusi terbaik.
Sementara itu, Dirut PT HKR, Ari Widiantoro, menerangkan pembangunan Ha-Ka Style Tuban memiliki nilai investasi mencapai Rp280 miliar. Pada tahap pertama, akan dibangun pasar modern dan wahanan wisata yang ditargetkan dapat selesai dalam kurun waktu satu tahun.
Selanjutnya, di tahap kedua akan dibangun city walk dan hotel.
Ari Widiantoro menambahkan, HKR berupaya membangun kawasan perdagangan modern yang terintegrasi dengan wisata dan hotel agar dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, menyerap tenaga kerja, dan ikut memajukan Kabupaten Tuban.
“Kami sampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab Tuban dalam pengembangan pasar modern Tuban,” imbuhnya.
Sebelumnya, Bupati Tuban dan Wabup bersama Dirut PT HKR dan Forkopimda Kabupaten Tuban menemui para user (pemilik kios/stan) PBT lama yang berunjuk rasa. Bupati mendengarkan aspirasi user yang menuntut kejelasan nasib mereka.
Bupati meyakinkan pendemo bahwa Pemkab Tuban akan memberikan solusi terbaik untuk semua pihak. (Hud)

Tags: