Sebulan Diresmikan, Bioskop Mini Perpustakaan Terima 1.007 Kunjungan

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab Sidoarjo, memberikan hadiah bagi anak SD yang bisa Jawab pertanyaan usai nontin film di BOLAM.[ alikus/bhirawa]

(Selain Baca Buku, Nonton Film di BOLAM juga Bisa Meningkat Pengetahuan )

Sidoarjo, Bhirawa
Sebulan sudah fasilitas Bioskop Literasi Anak dan Masyarakat (BOLAM) ini telah disediakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab Sidoarjo. Terhitung sejak diresmikan pada 16 Januari 2019, sampai 18 Pebruari 2019, kemarin, sudah ada sebanyak 1007 pengunjungnya.
Menurut catatan dari pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab Sidoarjo, mayoritas pengunjung yang tertarik melihat permutaran film yang berbau literasi pendidikan selama 15 menit tersebut adalah dari kalangan anak-anak pendidikan usia dini (PAUD), anak TK dan anak SD. Selebihnya dari anak usia SLTP, SLTA dan Mahasiswa.
Pengunjung ke 1007, ke BOLAM ini, kemarin, berasal dari anak-anak SDN 1 Lemah Putro, Kec Sidoarjo. Sekitar 48 anak-anak SD kelas satu tersebut, dengan didampingi dua orang guru mereka, sekitar pukul 9.00 WIB mengunjungi BOLAM milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab Sidoarjo.
Memasuki ruangan BOLAM yang dingin karena fasilitas AC dan tempat duduk yang empuk dan nyaman, anak-anak kecil tersebut sempat berlarian kesana kemari berebut tempat duduk.
Beberapa menit kemudian, film-film yang berbau pendidikan itu diputar. Diantaranya tentang sejarah Kab Sidoarjo, nama-nama mantan Bupati Sidoarjo dari masa ke masa, cerita tentang sejarah terjadinya bencana Lumpur Lapindo, cerita tentang hobby Presiden RI pertama Ir Soekarno, tempat-tempat wisata budaya di Kab Sidoarjo dan diakhiri dengan pemutaran cerita rakyat dari berbagai daerah di Nusantara, Malin Kundang.
Dipandu satu petugas dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab Sidoarjo, anak-anak usia dini itu sempat diberikan sedikit pertanyaan terkait film literasi yang dilihatnya selama 15 menit itu.
Salah satunya, petugas menanyakan siapa nama Bupati Kab Sidoarjo saat ini. Ada yang bisa menjawabnya dengan betul. Kemudian diminta maju kedepan, untuk mendapat hadiah dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab Sidoarjo, Ir Endang Soesijanti MSi, yang sejak awal ikut menyaksikan anak-anak SD itu nonton di BOLAM.
Dituturkan Endang, pihaknya menyediakan fasilitas BOLAM bagi semua masyarakat Sidoarjo, agar bisa sebagai alternatif lain untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat, selain dari buku-buku yang bisa dibaca ditempat dan dipinjam masyarakat.
“Kami menyediakan fasilitas BOLAM ini, karena berinovasi bagaimana caranya bisa menambah pengetahuan masyarakat selain dari membaca buku saja,” komentar Endang, Senin (18/2) kemarin.
Dengan menonton film pada BOLAM, kata Endang, penonton dilatih belajar dengan konsep literasi dengan apa yang telah ditonton. Mereka dilatih bisa paham dan bisa bercerita kembali akan apa yang telah ditonton tadi.
Menurut Endang, fasilitas BOLAM ini dibuka pada mulai pukul 08.00 sampai 18.30 WIB. Tapi kalau hari Minggu pada pukul 08.00 sampai 12.00.WIB.
“Hari Minggu tetap buka, maka itu daripada jalan-jalan mal menghabiskan uang, lebih baik ke BOLAM saja, selain hemat uang, pengetahuan juga bertambah,” katanya.
Bagi masyarakat yang ingin nonton di BOLAM, kata Endang, diminta harus daftar dulu. Agar bisa diatur jadwalnya dengan masyarakat lain yang juga ingin nonton. Karena diakui Endang, banyak surat permintaan dari yang juga kepingin nonton film di BOLAM.
Selama ini masyarakat tahu akan adanya fasilitas BOLAM ini, kata Endang, dari brosur yang disebar oleh petugas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sidoarjo yang keliling melayani pembaca dengan membawa mobil dan yang membawa kendaraan roda tiga serta brosur yang disebar lewat desa.
Endang juga punya keinginan, nanti apabila di Kab Sidoarjo ada sarana bus khusus gratis untuk pelajar, diharapkan mereka yang ingin nonton film di BOLAM ini, supaya memanfatkan sarana transportasi tersebut. (kus)

Tags: