Sebanyak 67 Sekdes/Kelurahan Ikuti Bimtek Kearsipan

Kegiatan Bimtek Penyelenggaraan Kearsipan di Desa/kelurahan yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur.

Surabaya, Bhirawa
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur menggelar bimbingan teknis (Bimtek) di bidang kearsipan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas, pengetahuan dan keterampilan sekretaris desa/kelurahan di bidang kearsipan untuk mendukung pembangunan desa/kelurahan. Demikian disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur Dr Abdul Hamid saat dikonfirmasi Bhirawa, kemarin.
Menurut Abdul Hamid kegiatan Bimtek juga dimaksudkan untuk meningkatkan mutu dan implementasi penyelenggaraan kearsipan di lingkungan pemerintahan desa.
“Harapannya akan terwujudnya penataan arsip yang baik dan benar sesuai kaidah kearsipan,” kata Abdul Hamid. Lebih lanjut menurut Abdul Hamid terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan desa yang efektif dan efisien sangat diperlukan untuk mendukung pemerintahan yang bersih dan berwibawa.
Dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari ( 13 – 14 Februari 2019) tersebut diikuti sebanyak 76 orang sekretaris Desa/keluaran se Jawa Timur.
“Peserta Bimtek adalah adalah sekretaris desa /kelurahan dari kabupaten/kota se jawa timur,” tegas Hamid lagi. Dikonfirmasi di tempat yang sama ketua panita bimtek yang juga Kepala Bidang Pembinaan Dan Pengawasan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur Dra Rita Kustanti Rahayu, Msi menuturkan materi yang disampaikan dalam Bimtek tersebut adalah meliputi : pengurusan surat, penataan dan penyusutan arsip, pengelolaan arsip elektronik dan pengelolaan dana desa. Adapun yang menjadi narasumber dan instruktur pada kegiatan bimtek jelas Rita Kustanti adalah pejabat dari badan pengawasan keuangan dan pembangunan (bpkp) provinsi jawa timur, dan institut teknologi sepuluh nopember surabaya.
“Kami juga menghadirkan pejabat bstruktural dan fungsional dinas perpustakaan dan kearsipan provinsi jawa timur,” tegasnya lagi. [why]

Tags: