Satpol PP Kota Batu Bongkar Bangunan Liar di Atas Draenase

Petugas Satpol PP terlihat sedang mengawasi pembongkaran bangunan liar yang ada di Jl. Dewi Sartika Kota Batu, Kamis (7/11).

Kota Batu, Bhirawa
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batu akhirnya melakukan pembongkaran terhadap dua bangunan liar yang ada di Jl. Dewi Sartika Kota Batu, Kamis (7/11). Pembongkaran dilakukan karena bangunan semi permanen ini dibuat di atas draenase kota.
“Kami akhirnya melakukan pembongkaran setelah pemilik bangunan diberikan kesempatan selama dua hari untuk membonkar sendiri bangunannya namun tidak diindahkan,” ujar Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum (Kabid Trantibum) Satpol PP Kota Batu, Santoso Wardoyo, Kamis (7/11).
Ia menjelaskan bahwa kedua bangunan itu jelas melanggar Perda yang ada, lantaran dibangun di atas saluran drainase dan bahu jalan sehingga rentan menyebabkan bencana banjir dan kecelakaan.
“Melihat saat ini sudah memasuki musim hujan, tentunya yang perlu diperhatikan ini adalah aliran drainase seperti ini. Karena biasanya saat hujan air membawa sampah dengan benda yang cukup besar,” jelas Santoso.
Sebelumnya, tambah Santoso, pihaknya juga telah memberikan teguran terhadap pihak pengelola untuk membongkar bangunan tersebut secepatnya. Ia pun memberikan waktu pembongkaran hingga Rabu (6/11).
“Namun karena masih membandel dan hari ini (kemarin) bangunan belum juga dibongkar, maka kami melakukan bongkar paksa sesuai jalur hukum,” pungkasnya. [nas]

Tags: