Satgas TMMD Buktikan dengan Pasang Batu Saluran Irigasi

Satgas TMMD 106 terampil memasang batu yang digunakan untuk saluran irigasi air di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Senin (28,10).

Kabupaten Malang, Bhirawa
Prajurit TNI AD tidak hanya dituntut mempunyai keterampilan maupun taktik dalam peperangan dan menjaga wilayah teritorial saja. Keterampilan lain yang harus dimiliki TNI AD adalah dibidang ketahanan pangan dan juga keterampilan dibidang pembangunan.
Keterampilan dibidang pembangunan ini termasuk dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Dimana dalam TMMD dibutuhkan keterampilan dan perhitungan tetap dalam mengerjakan target sasaran fisik, seperti membanggun atau merehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) maupun membangun saluran irigasi air dan rabat beton.
Hal itu seperti ditunjukkan Pratu Ari, salah seorang anggota Satgas TMMD 106 dari Kodim 0818/Malang-Batu. Ditangan Pratu Ari, gundukan batu disusun satu persatu dan membentuk plengsengan yang digunakan sebagai saluran irigasi air di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. “Saya banyak belajar dari warga Kedungsalam yang kebetulan mengerjakan saluran irigasi air,” kata Pratu Ari, Senin (28/10).
Ari mengaku tidaklah mudah dalam menyusun satu persatu batu guna pengerjaan saluran irigasi air. Kehati-hatian dan perhitungan inilah yang menurut Ari sangat penting. Sebab, dengan perhitungan yang tepat, pengerjaan plengsengan saluran irigasi air ini bisa cepat selesai dan tersusun dengan rapi.
Tak cukup disitu, Ari mengaku, penempelan batu yang disemen juga perlu perhitungan yang tepat. Jika salah, maka susunan dari batu plengsengan irigasi ini akan berantakan. Serta tidak sesuai dengan target yang diharapkan.
“Intinya butuh kehati-hatian dan perhitungan yang tepat dalam meletakkan batu untuk disusun menjadi plengsengan irigasi saluran air. Kalau salah dalam meletakkan batu, otomatis pengerjaannya akan berantakan dan ditata kembali,” ungkap Ari.
Tak hanya dituntut terampil dalam mengerjakan pembangunan saluran irigasi air. Satgas TMMD juga dituntut bisa memasang pipa saluran air di sepanjang jalan Desa. Seluruh anggota satgas bergotong royong saling membantu dalam proses penanaman pipa air agar cepat salesai, sehingga segera dialiri air bersih. “Harapannya pipa saluran air ini bisa segera digunakan warga. Sehingga warga bisa menikmati aliran air,” pungkasnya.[bed]

Tags: