Satgas Pangan Polrestabes Surabaya Siap Pantau Kebutuhan Pokok Ramadan

Kapolrestabes Surabaya Rudi Setiawan saat menggerebek home industry STMJ kadaluwarsa hasil ungkap Satgas Pangan Satreskrim Polretsabes Surabaya 2018 silam. [dok bhirawa]

Polrestabes Surabaya, Bhirawa
Memasuki Bulan Suci Ramadan yang tinggal menghitung hari, Satgas Pangan Polrestabes Surabaya siap melakukan tugasnya, yakni memantau harga barang kebutuhan pokok di pasar dan mengawasi ketersediaan serta distribusi bahan pangan.
“Satgas Pangan ini (Polri) tetap kita teruskan. Terutama dalam mengantisipasi gangguan-gangguan yang mungkin timbul pada masa Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri,” kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan di Mapolrestabes Surabaya, Rabu (1/5).
Rudi menjelaskan, Satgas Pangan Polri ini nantinya tetap berkoordinasi dengan instansi terkait, yakni Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim. Dan akan melakukan sidak ke pasar-pasar. Pertama, yakni ingin memastikan apakah para pedagang sudah menjual barang-barang maupun kebutuhan pokok masyarakat yang layak dikonsumsi.
Kemudian, sambung Rudi, memantau harga barang kebutuhan maupun barang pokok di pasar. Tujuannya untuk membantu pemerintah dalam menstabilkan harga kebutuhan pokok menjelang dan saat Ramadan.
“Seperti kita ketahui kebutuhan masyarakat meningkat. Kalau harganya tidak terjangkau, maka akan berakhir pada gangguan keamanan. Inilah yang akan kita antisipasi,” tegas Rudi.
Ditanya mengenai aksi dari Satgas Pangan ini, Rudi mengaku, Satgas Pangan ini terus berjalan dari dua tahun lalu. Seperti yang sudah diresmikan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavial. Untuk Satgas Pangan Polrestabes Surabaya, Rudi memastikan terus berjalan. Terutama mendekati Bulan Suci Ramadan.
“Sampai sekarang ini masih terus berjalan. Apalagi mendekati Lebaran, Satgas Pangan kita akan lebih intens melakukan sidak bersama instansi terkait,” pungkasnya. [bed]

Tags: