Salat Tarawih Pertama Ramadan 1440 Hijriah

Sekitar 20 ribu umat Islam memadati Masjid Al Akbar Surabaya untuk menjalankan ibadah salat tarawih pertama di bulan Ramadan, Minggu (5/5). [Trie Diana]

Surabaya, Bhirawa
Puluhan ribu jemaah dari luar dan dalam Kota Surabaya mengikuti Salat Tarawih pertama Ramadhan 1440 Hijriah di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Minggu (5/5).
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim, KH Abdusshomad Buchori memberikan tausiyah menyambut Ramadan dengan mengajak agar umat Islam tidak hanya menjalankan puasa pada Ramadan kali ini, tapi juga mempelajari Islam secara menyeluruh agar terbangun pemikiran dan budaya yang lebih baik.
“Mari kita pelajari Islam dengan baik. Karena Islam akan membawa kita pada pengembangan pemikiran dan budaya. Karena Islam mengajak kita pada kebenaran yang hakiki,” katanya di hadapan jamaah.
Menurutnya, dengan mempelajari Islam secara menyeluruh dan benar, maka umat Islam di Indonesia akan senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan. “Mari merajut kembali bangsa Indonesia ini. Jangan sampai terpecah belah lagi. Pelajari Alquran, pelajari hadis dengan baik, InsyaAllah ibadah Ramadan kita tahun ini menjadi lebih baik dari tahun lalu,” kata dia.
Sebelumnya, pengurus Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya mengumumkan, Ramadan kali ini kegiatan yang akan digelar di masjid terbesar di Jatim itu akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.
Salah satu kegiatan yang berbeda, di antaranya adanya konsultasi fiqih yang akan dilayani oleh sejumlah ustaz setiap menjelang berbuka puasa. Ada meja-meja khusus yang akan disediakan untuk konsultasi apapun selama Ramadan.
Sementara itu bertindak sebagai imam dalam salat tarawih itu adalah KH Abdul Hamis Abdullah. [wwn]

Tags: