Ribuan Siswa Baru SD – SMP Kabupaten Probolinggo Ikuti MPLS

Kabid Pembinaan SMP Priyo Siswoyo buka MPLS SD dan SMP.

Probolinggo, Bhirawa
Awal masuk sekolah pada tahun pelajaran 2019/2020 minggu pertama jenjang SD dan SMP di Kabupaten Probolinggo diisi dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa dan siswi baru, Senin hingga Rabu 15-17/7. Kegiatan yang dilaksanakan di masing-masing sekolah ini diikuti oleh ribuan siswa SD dan SMP di Kabupaten Probolinggo.
MPLS ini dilakukan berdasarkan kepada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru. Tahun 2019 ditindaklanjuti dengan Surat Edaran (SE) Dirjen Dikdasmen Nomor 6197/D.D4/PD/2019 Tanggal 13 Juni 2019 bahwa sekolah hendaknya melaksanakan Pengenalan Lingkungan Sekolah berpedoman pada Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 dengan menghadirkan orang tua.
“Dalam MPLS ini, para orang tua dan siswa baru diberikan penjelasan terkait profil sekolah dan secara simbolis menyerahkan peserta didik baru yang sekolah untuk memulai pengenalan lingkungan sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo Dewi Korina melalui Kepala Bidang Pembinaan SMP Priyo Siswoyo, Selasa 16/7 .
Menurut Priyo, kegiatan MPLS selama 3 (tiga) hari ini bertujuan agar siswa yang baru masuk ke jenjang SD dan SMP bisa mengenal lingkungannya, teman-teman barunya dan guru-gurunya dalam suasana baru dan perubahan jenjang dari TK ke SD dan SD ke SMP. Termasuk lingkungan keluarga agar dapat menyesuaikan dalam pembelajaran.
“Materi dalam kegiatan MPLS ini mengacu kepada Permendikbud RI Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru. Namun hal itu menyesuaikan dengan keadaan masing-masing lingkungan sekolah,” jelasnya.
Priyo menegaskan dalam kegiatan MPLS selama tiga hari ini, pihak Dispendik Kabupaten Probolinggo berkewajiban untuk mengawasi dan mengevaluasi agar kegiatan MPLS dapat berjalan sesuai dengan Permendikbud RI Nomor 18 Tahun 2016.
Apabila ditemukan pelaksanaan MPLS ini menyimpang, masyarakat bisa melaporkan Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo. Untuk Posko MPLS Jenjang SMP Tahun Pelajaran 2019/2020 Kabupaten Probolinggo bisa menghubungi CP Priyo Siswoyo 081913342001 dan Sudarsono 085257551159, tegasnya.
“Misalnya ada kejanggalan dan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam hal ini nantinya kami akan memberikan teguran dan sanksi yang terlebih dahulu akan dilakukan klarifikasi terhadap sekolah yang bersangkutan,” tandasnya.
Lebih lanjut Priyo mengharapkan agar kegiatan MPLS ini dapat berjalan dengan lancar dan siswa-siswi baru segera menyesuaikan untuk pembelajaran barunya dan dapat belajar dengan nyaman, tentram dan tenang.
“Dalam kegiatan MPLS ini siswa masih diperkenankan untuk memakai seragam di jenjang yang lama. Misalnya yang masuk SD masih bisa memakai seragam TK dan yang masuk SMP bisa memakai seragam SD. Jadi tidak ada keharusan memakai seragam baru,” tambahnya.(Wap)

Tags: