Ribuan Onthelis se-Indonesia Peringati HUT Sidoarjo

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat memberangkatkan peserta onthelis keliling Sidoarjo, Minggu (10/2).[achmad/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Ribuan onthelis atau pecinta sepeda tua berkumpul di GOR Sidoarjo, Minggu (10/2). Mereka datang dari berbagai wilayah Indonesia. Selain dari kabupaten/kota di Jatim, juga terdapat onthelis dari Palangkaraya, Banjarmasin, Jakarta, Cilacap serta dari Semarang dan Jepara. Bahkan onthelis dari negara Malaysia dan Thailand ikut ambil bagian dalam kegiatan Sidoarjo Ngonthel Bumi Jenggolo II yang diselenggarakan Pemkab Sidoarjo.
Sekitar 10 ribu onthelis akan mengelilingi Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-160 Kabupaten Sidoarjo 2019. Selain itu untuk merayakan HUT Komunitas Sepeda Tua Indonesia yang ke XI tahun ini.
Kegiatan tersebut juga dicatatkan dalam rekor dunia untuk rekor ngonthel bareng dengan klambi lurik terbanyak. Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (LEPRID) mencatat kegiatan tersebut memecahkan rekor Kosti Kota Semarang yang mencapai 8.200 orang pada Desember 2018 lalu.
Proses pemberangkatannya oleh Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah SH MHum di GOR Sidoarjo. Rute yang ditempuh mulai dari tempat pemberangkatan menuju tanggul lumpur dan kembali ke GOR Sidoarjo, lanjut ke pusat tas dan koper Tanggulangin, lanjut finish GOR Sidoarjo.
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengaku bangga atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Ia meminta peserta untuk mengikutinya dengan semangat. Kegiatan seperti ini juga diharapkan menjadi media silaturahim. Ia juga berpesan untuk menjaga keselamatan di jalan.
Sementara itu Ketua Umum dan Pendiri LEPRID Paulus Pangka SH mengatakan ada dua rekor pada kegiatan Sidoarjo Ngonthel Bumi Jenggolo kali ini. Ia mencatat ada 12 ribu peserta dalam kegiatan kali ini.
“Hari ini (Minggu kemarin, red) bukan hanya satu rekor, tapi kita berhasil menciptakan satu rekor baru dunia yaitu rekor ngonthel menggunakan busana lurik terbanyak, ada dua rekor yang tercipta,”ucapnya. [adv.ach]

Tags: