Rekrut Pelajar, Mampu Lahirkan Juara dan Atlet Nasional

Pemilik klub Dayung Barbosa Samsul Kohar bersama Pelatih Jatim Iswandi saat memberikan pengarahan kepada atlet usai latihan. [wawan triyanto]

Kiprah Klub Barbosa Mencetak Pedayung Muda
Surabaya, Bhirawa
Keberadaan klub menjadi nyawa dalam pembinaan karena perannya sangat penting untuk mencetak dan membina atlet. Para atlet yang sudah memiliki prestasi nantinya akan diasah lagi kemampuan di level provinsi maupun nasional.
Peranan penting inilah yang saat ini tengah di lakukan oleh Klub Dayung Barbossa Surabaya, para pelatih dengan tlaten membina atlet dari mulai nol hingga menjadi atlet nasional.
Pelatih dan sekaligus pemilik Klub Dayung Barbossa, Samsul Kohar mengaku bangga jika ada atlet binaanya bisa membela Jatim maupun Indonesia di berbagai lomba.
“Klub ini berdiri 2017, namun syukurlah bisa mencetak atlet yang berhasil meraih juara nasional tingkat pelajar maupun atlet nasional,” kata Samsuk Kohar saat ditemui dilokasi latihan yang berada di kawasan Jambangan Surabaya, Sabtu (10/8) pagi.
Ia menyadari dayung tidak sepopuler olahraga lain seperti sepak bola, vola voli maupun bulu tangkis, sehingga minat anak-anak untuk belajar olahraga dayung masih minim.
Namun ia tidak menyerah dengan kondisi itu, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendekati pelajar dan membuat base camp latihan. Hasilnya sangat efektif, saat ini ada 60 pelajar dan mahasiswa yang berlatih dayung di Sungai Rolak Gunungsari Surabaya.
Bahkan beberapa atlet jebolan Barbossa sudah berhasil meraih juara nasional, seperti Feby viena sari, Ganis dan Oktavian aksan ramadan yang beberapa waktu lalu meraih emas di Kejurnas U15 di Jambi. Kemudian Rizky Akbar saat ini bergabung di Pelatnas, Bayu Prasetyo (Puslatda) dan beberapa atlet lainnya.
Pelatih Jatim, Iswandi memberikan acungan jempol terhadap upaya klub Barbossa yang berkomitmen mencetak atlet. “Keberadaan klub sangat penting karena dari klub lahirlah atlet potensial,” kata mantan pedayung nasional itu.
Ditemui di base camp Barbosa Sekum PODSI (Dayung) Jatim, Letkol Bagus Arianto memberikan apresiasi kepada klub dayung di Jatim termasuk Barbossa yang memiliki komitmen untuk mencetak atlet. “Saya berharap para klub terus bisa melahirkan atlet potensial,” katanya.  [wwn]

Tags: