Rekapitulasi Pemilu 2019 Berlangsung Aman di Kabupaten Jombang

Ketua KPU Kabupaten Jombang, Muhaimin Shofi saat diwawancarai sejumlah wartawan di Hotel Yusro, Jumat malam (03-05)

Jombang, Bhirawa
Rekapitulasi terakhir hasil pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) tingkat kabupaten yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang di Ball Room, Hotel Yusro, Jombang berjalan lancar dan aman.
Kapolres Jombang, AKBP Fadli Widianto saat diwawancarai sejumlah wartawan di lokasi rekapitulasi, Jumat malam (03/05) mengatakan, semua pihak bisa menerima hasil rekapitulasi, dan transparansi yang ada diharapkan oleh semua pihak.
“Masing-masing dari partai maupun saksi dari DPD, Capres baik 01 maupun 02,” ujar Kapolres Jombang.
Terkait situasi umum di Kabupaten Jombang, Kapolres menjelaskan dalam keadaan aman. Seluruh aktifitas masyarakat dikatakannya berjalan dengan normal. Untuk pengamanan selanjutnya pasca rekapitulasi di tingkat kabupaten.
Kapolres melanjutkan, pihaknya akan melakukan pengawalan dokumen-dokumen yang akan dikirimkan ke KPU Provinsi Jawa Timur. Masih menurut Kapolres, ada 70 personel yang terlibat pada pengamanan rekapitulasi, dan 25 personel untuk melakukan pengamanan dokumen hingga sampai di KPU Provinsi Jawa Timur.
“Oleh personel yang sudah kita siapkan, nanti dengan KPU dan Bawaslu, bersama dengan personel yang kita libatkan, untuk selanjutnya kita kawal ke Jawa Timur,” lanjut Kapolres.
Senada dengan Kapolres, Ketua KPU Kabupaten Jombang, Muhaimin Shofi juga menerangkan, proses rekapitulasi hari terakhir di tingkat kabupaten di Jombang berjalan mulus dan lancar. Meski demikian Ketua KPU Jombang membenarkan jika pada proses rekapitulasi hari terakhir tersebut juga ada pihak yang melakukan protes. Namun hal itu dikatakannya masih dalam taraf yang wajar.
“Alhamdulillah bisa diselesaikan, dan semuanya bisa legowo, karena ada DB 2 yang harus dilakukan pengisian oleh masing-masing saksi yang tidak terima,” terang Muhaimin Shofi.
Berdasarkan data dari saksi yang ditandatangani kedua saksi Capres-Cawapres, perolehan suara Capres-Cawapres nomor urut 1, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin mendapatkan suara sebesar 615.972 suara, sementara Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapatkan 187.763 suara. Sementara untuk suara sah total jumlahnya 803.735, dan surat suara tidak sah sejumlah 33.623 suara.(rif)

Tags: