Ratusan Polisi Mendadak Dirazia Unit Propam Polres Situbondo

Kasat Lantas AKP Hendrik K Wardhana bersama Kasi Propam IPDA Harsono saat melakukan razia kepada personil polisi yang berdinas di Mapolres Situbondo. [sawawi/bhirawa]

(Sukseskan Operasi Keselamatan Semeru 2019)

Situbondo, Bhirawa
Unit Propam Mapolres Situbondo mendadak melakukan razia penegakan disiplin bagi ratusan anggota Polri dan PNS dalam rangka Operasi Keselamatan Semeru 2019.
Pelaksanaan razia dipimpin Kasat Lantas AKP Hendrik K Wardhana bersama Kasi Propam Ipda Harsono. Pemeriksaan digelar di depan pintu masuk Mapolres Situbondo yang ditujukan kepada seluruh personil Polres.
Menurut Kasat Lantas AKP Hendrix K Wardhana fokus razia adalah pemeriksaan kelengkapan identitas dalam berkendara seperti SIM dan STNK. Selain itu, urai Kasat Hendrix, surat surat kelengkapan kendaraan juga diperiksa dengan teliti oleh Unit Provos.
“Hal ini dilakukan agar seluruh anggota polisi bisa memberikan contoh tentang tata tertib berlalu lintas yang baik dan benar kepada masyarakat,” ujar Kasat Hendrix.
Masih kata Kasat Hendrix, sebelum melakukan razia diluar Mapolres Situbondo, pihak Propam terlebih dahulu melakukan razia kepada seluruh anggota Polri.
Bahkan, akunya, razia tersebut tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu kepada seluruh personil polisi yang berdinas di Mapolres Situbondo.
“Ini sengaja dilakukan secara diam diam. Agar razia berjalan dengan sebagaimana mestinya,” kata Kasat Hendrik.
Sementara itu, Kasi Propam IPDA Harsono menuturkan razia yang dilakukan pada pagi hari itu berhasil memeriksa sedikitnya 231 anggota polisi dengan melibatkan pihak Unit Propam.
Namun, terang Harsono, mulai razia awal hingga berakhir, tim gabungan tidak menemukan adanya satu pelanggaran pun terkait lalu lintas oleh semua personel polisi.
“Razia dilakukan dengan waktu yang acak. Jadi kami melaksanakan secara mendadak guna melihat sejauh mana kedisiplinan semua anggota polisi,” kata Harsono seraya menambahkan operasi Keselamatan Semeru 2019 akan digelar selama 14 hari mulai 29 April sampai 12 Mei 2019. [awi]

Tags: