Rakor KPU Kota Batu Antisipasi Sengketa Angka Perolehan Kursi di Dewan

Suasana rapat koordinasi KPU Batu bersama para perwakilan partai sebelum penetapan kursi dan calon pemilih DPRD Kota Batu di Senyum World Hotel, Rabu (3/7).

Kota Batu, Bhirawa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu tak ingin ada permasalahan di kemudian hari pasca penetapan kursi dan calon terpilih DPRD Kota Batu. Untuk itu kemarin (3/7), bertempat di Senyum World Hotel mereka menggelar rapat koordinasi dengan melibatkan para perwakilan Partai Politik.
Diagendakan penetapan kursi dan calon terpilih DPRD Kota Batu akan dilaksanakan di The Shinghasari Resort, Kamis (4/7) ini. Dijelaskan Ketua KPU Kota Batu, Mardiono bahwa rakor kemarin digelar dengan tujuan agar saat rapat pleno terbuka hari ini bisa berjalan lancar.
“Artinya tidak ada lagi Parpol atau peserta Pemilu berdebat karena jumlah surat suara yang didapat sebelumnya. Hari ini (kemarin.red) koordinasi digelar untuk menemukan kesalahan yang mungkin bisa saja terjadi. Misalnya dari Parpol ada yang menenemukan perubahan angka atau surat suara yang mereka dapat,” jelas Mardiono, Rabu (3/7).
Kemudian setelah dilakukan rapat koordinasi juga ditindak lanjuti dengan rapat mekanisme penetapan perolehan kursi secara teknis dengan menggunakan metode Sainte Lague.
“Setalah ditetapkan kami bersurat dan mengajukan hasilnya ke Gubernur. Dengan pengajuan melalui Wali Kota. Karena untuk waktu pelantikan adalah kewenangan Gubernur,” tambah Mardiono.
Sesuai dengan data yang dipaparkan dalam rapat koordinasi. Ada 30 kursi yang akan mengisi sebagai anggota DPRD Kota Batu. Dengan rincian para calon terpilih sebagai berikut.
Untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Batu 1 ada tujuh kursi yang diisi Nurochman (PKB), Asmadi (PDIP), Jatmiko (Nasdem), Didik Mahmud (Golkar), Katarina Dian (Gerindra), Aulia Lishanti (PAN) dan Deddi Irfan Alwani (PD).
Tujuh kursi di Dapil Batu 2 juga sudah terisi. Yakni Dewi Kartika (PKB), H Didik Subiyanto (PKB), Hari Danah Wahyono (Gerindra), Cahyo Edi Purnomo (PDIP), Sugandi (Golkar), Fahmi (Nasdem) dan Saifudin (PKS).
Sedangakan Dapil Junrejo dengan tujuh kursi diduduki, Sampurno (PDIP), Kukuk (PDIP), Sudiyono (PKB), Bambang Sumarto (Golkar), Ludy Tanarto (PKS), M. Chairul K (PKS), dan Agung Sugiyono (Gerindra).
Dapil Bumiaji dengan sembilan kursi diduduki oleh Khamim Tohari (PDIP), Amira (PDIP), Ilyas, S. Sos (Golkar), H. Rudi (PAN), Suwandi (PD), Helly (Gerindra), M. Hanif (PKS), Nur Ali (PKB), dan Sujono Djonet (Nasdem). (nas)

Tags: