Rahayu Kusdarini: Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Ponorogo Menurun

Rahayu Kusdarini: Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Ponorogo Menurun

Ponorogo, Bhrawa
Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo mencatat adanya penurunan jumlah warga yang terjangkit virus HIV/AIDS di tahun 2018 ini. Dari data yang berhasil dihimpun sampai dengan bulan November, 78 orang ditemukan terjangkit HIV/AIDS.
“Penderita HIV/AIDS untuk tahun 2018 sampai dengan November ini adalah 78 orang, menurun dibandingan tahun lalu yang mencapai 137 orang. Karena tahun 2018 ini cuma menyisakan satu bulan saja, kami berharap penemuan penderita HIV/AIDS di Ponorogo nanti tidak mencapai angka 100 orang” tutur Rahayu Kusdarini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo.
100 orang merupakan angka penderita HIV/AIDS di Ponorogo pada tahun 2016, tentunya jika tahun ini tidak mencapai 100 orang, hal itu menjadi sebuah prestasi tersendiri bagi Dinkes yang berhasil melakukan sebuah perbaikan.
“Pada tahun 2016, penderita HIV/AIDS adalah 100 orang, tahun 2017 mengalami kenaikan, mencapai 137 orang. Melihat hal tersebut, kami melakukan evaluasi dan perbaikan. Perlu diketahui, penderita HIV/AIDS itu ada kelompok kunci di tempat – tempat tertentu. Tim kami melakukan jemput bola dan pendekatan pada kelompok – kelompok kunci tersebut, misal malam – malam datang ke kelompok kunci untuk melakukan konseling. Upaya seperti ini merupakan sebuah usaha agar penderita HIV/AIDS di Ponorogo terus menurun,” jelas Bu Rin, sapaan Rahayu Kusdarini.
Penurunan penderita HIV/AIDS ini tentunya menjadi sebuah kabar baik dalam momen Peringatan Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada 1 Desember hari ini. Dinkes juga tidak lupa memberikan himbauan pada masyarakat, untuk berpola hidup sehat dan berperilaku hidup sehat, karena 2 hal tersebut dapat menghindarkan seseorang dari berbagai jenis penyakit, termasuk HIV/AIDS. [mb10]

Tags: