Rabat Jalan TMMD 106, Gairahkan Perekonomian Desa Kedungsalam

Masyarakat Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang menikmati rabat jalan hasil program TMMD 106, Minggu (3-11).

Kabupaten Malang, Bhirawa
Meski program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) sudah ditutup pada Kamis (31/10) lalu. Namun masyarakat di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang merasakan manfaat dari pembangunan fisik dan non fisik pada TMMD 106.
Bahkan rabat jalan atau rabat beton yang dilakukan di Desa Kedungsalam, membawa manfaat cukup besar bagi masyarakat setempat. Manfaatnya yakni untuk kelancaran transportasi jalan yang selama ini tidak bisa dilalui karena makadam dan batuan terjal.
Manfaat selanjutnya adalah dibidang perekonomian, yaitu dengan akses jalan yang bagus, otomatis pemasaran hasil tani maupun perekonomian masyarakat setempat menjadi bangkit. Dimana sebelumnya warga yang tinggal jauh di pedesaan ‘tak berdaya’ memasarkan potensi sumberdaya alam disana, karena terkendala buruknya infrastruktur jalanan.
“Program TMMD ke-106 ini memberi banyak manfaat bagi masyarakat Desa Kedungsalam. Terutama dalam memajukan perekonomian masyarakat setempat yang kini terbantu dengan akses jalan yang memadai dan bisa dilewati dengan baik,” kata Komandan Koramil (Danramil) 0818/11 Donomulyo, Kapten Inf Suwarno, Minggu (3/11).
Pria yang juga sebagai koordinator wilayah TMMD 106 ini mengaku buruknya akses jalan itu dirasakan saat musim penghujan. Sehingga masyarakat setempat terhambat saat mengantarkan produk usahanya maupun hasil pertanian.
“Akses jalan disini memang berlubang, apalagi kalau musim hujan jalanan pun licin dan penuh dengan tanah lumpur. Sehingga menghambat kelancaran pemasaran produk maupun hasil tani masyarakat setempat. Serta mengurangi keuntungan hasil perekonmian, karena butuh biaya operasional yang meningkat,” bebernya.
Dengan adanya kesulitan itu, sambung Suwarno, maka mendorong satgasTMMD Kodim 0818/Kabupaten Malang-Batu melakukan terobosan dan perbaikan infrastruktur. Proyek betonisasi ini pun bisa menggairahkan berbagai sektor. Sektor pertanian kini menjadi lebih bergairah, karena petani dapat memanfaat kan akses jalan itu baik saat panen maupun penjualan hasil panen. “Sekarang kondisi jalan di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo sudah halus mulus. Yang terpenting dapat dinikmati oleh masyarakat setempat,” pungkasnya.[bed,cyn]

Tags: