Pusat Bantu Pebaikan RTLH di Pasuruan Capai Rp 3,115 M

Rumah warga di wilayah Kabupaten Pasuruan, tepatnya di Kecamatan Rembang layak mendapatkan program perbaikan RTLH.

Pasuruan, Bhirawa
Pemerintah pusat memberikan bantuan program perbaikan RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) di Kabupaten Pasuruan mencapai Rp 3,115 miliar. Besaran bantuan itu diberikan kepada warga kurang mampu di wilayah Kabupaten Pasuruan.
Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf menyampaikan dana dari APBN melalui Kementrian PU-PR sebesar Rp 3,115 miliar diberikan untuk perbaikan 278 unit RTLH di Kecamatan Puspo dan Grati.
Adapun rinciannya adalah 100 unit RTLH di Kecamatan Puspo dan 178 unit RTLH di Kecamatan Grati. Masing-masing rumah yang akan diperbaiki mendapatkan anggaran sebesar Rp 17,5 juta.
Seluruh program perbaikan RTLH harus dikawal, sehingga agar tepat sasaran. Makanya saya meminta kepada kepala desa serta para pendamping program RTLH untuk betul-betul detail dalam mendata penerima, tandas HM Irsyad Yusuf, Senin (6/5).
Selain bantuan dari pusat, Pemkab Pasuruan juga mengentaskan program perbaikan RTLH selama 4 tahun ke depannya. Setiap tahunnya menganggarkan Rp 30 miliar.
Namun, realisasinya dimulai tahun depan. Khusus untuk tahun ini, dianggarkan sebesar Rp 25 miliar untuk memperbaiki 2.000 unit RTLH yang tersebar di 24 Kecamatan se-Kabupaten Pasuruan.
Untuk nilai perbaikan untuk masing-masing unit rumah sebesar Rp 12,5 juta dengan perbaikan skala ringan sampai sedang, papar Irsyad Yusuf.
Bantuan stimulant RTLH APBD tahun 2019 adalah usulan dari kecamatan yang diajukan kepada Pemkab Pasuruan dan sudah dilakukan verifikasi terhadap calon penerima bantuan. Karena itu, apabila ada rumah yang tidak masuk dalam program RTLH tahun ini, berarti masuk dalam program di tahun berikutnya.
Saat ini masyarakat tak usah khawatir, jika belum tersentuh program RTLH, maka diperioritaskan perbaikan di tahun depan, kata Gus Irsyad panggilan akrabnya.
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasuruan, Misbah Zunib menambahkan selama pengerjaan, perbaikan RTLH akan dilaksanakan secara bertahap. Ditargetkan akan selesai sampai akhir tahun 2019. [hil]

Tags: