PUPR Ponorogo Lakukan Sertifikasi Operator Alat Berat

Operator Alat Berat Peserta Sertifikasi

Ponorogo, Bhirawa
Dinas Pekerjaan Umum & Penataan Ruang (PUPR) Ponorogo mengadakan uji sertifikasi operator alat berat di Kantor Bidang Bina Marga Ponorogo, Selasa (19/2).
Uji sertifikasi yang diikuti oleh 149 operator alat berat itu diadakan untuk meningkatkan kompetensi operator alat berat, yang tentunya dapat mengoptimalkan kinerja operator dan menekan angka kecelakaan dalam kontruksi.
Kepala Dinas PUPR Ponorogo Jamus Kunto Purnomo mengatakan uji kompetensi tersebut ditujukan pada operator alat berat di seluruh Ponorogo, baik dari pemerintah, kontraktor, maupun penambang pasir.
“Uji kompetensi operator ini diikuti oleh operator alat berat seperti backhoe, bulldozer, dan bulldozer. Operator ini berasal dari pemerintah, kontraktor, dan penambang pasir. Hasilnya semuanya lulus,” ujar Jamus.
“Diharapkan dengan adanya sertifikasi, standarisasi kompetensi, operator alat berat dapat menghasilkan kinerja yang lebih berkualitas. Secara legal formal pun, menjadi dapat dipertanggungjawabkan,” sambungnya.
Sertifikasi operator alat berat merupakan tindak lanjut dari program Presiden Jokowi, dimana standarisasi kompetensi diyakini dapat meningkatkan kualitas dan daya saing operator alat berat.
“Sertifikasi ini menindaklanjuti program dari Presiden Jokowi yang menargetkan harus ada kenaikan sertifikasi sebesar 10% di tahun 2018/2019 ini,” jelas Asesor Kompetensi Tenaga Kerja LPJK Jatim M. Arif Hadi Purnomo.
“Sertifikasi ini membina tenaga trampil agar sesuai dengan bidangnya masing – masing, membentuk operator sebagai tenaga kerja yang kompeten, terakreditasi, dan punya daya saing,” pungkas Arif. [mg10]

Tags: