Puluhan Siswa Ikuti Tes Fisik di Stand Dispora Jatim

Siswa SD Kertajaya Surabaya saat menjalani tes fisik di stand Dispora Jatim di pameran Jatim Fair 2019 yang digelar di Grand City Surabaya, Rabu (9/10). [wawan triyanto]

Pameran Jatim Fair 2019
Surabaya, Bhirawa
Puluhan siswa sekolah dasar yang ada di Surabaya mengunjungi stand pameran Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Jatim pada Pameran Jatim Fair di Grand City Surabaya. Mereka mencoba semua alat yang dipamerkan untuk mengetahui bakat dibidang olahraga dengan menjalani tes fisik.
Pada pameran kali ini Dispora menyediakan fasilitas peralatan olahraga, seperti argometer, vertical jump untuk mengukur tinggi lompatan, back leg strenght (mengukur kekuatan punggung dan kaki), Sitch and reach (untuk kelenturan) dan beberapa alat lainnya.
Para siswa yang didampingi guru olahraganya mencoba semua alat, kemudian ada petugas Dispora Jatim yang mencatat hasil tes dan kemudian diserahkan kembali ke siswa.
Kusmiati guru olahraga SD Kertajaya Surabaya yang mendampingi siswa mengatakan kalau tes fisik ini sangat berguna bagi para siswa. Sebab dari hasil tes itu bisa diketahui bakat mereka di bidang olahraga. “Dari hasil tes fisik ini bisa diketahui kemampuan mereka untuk menekuni cabang olahraga sesuai dengan kemampuan dan kondisi fisik siswa,” katanya, Rabu (9/10).
Sedangkan Herry Arianto guru olahraga dari SD Kertajay V mengatakan, tes fisik ini banyak manfaatnya karena bisa untuk mengetahui bakat siswa. “Dari tes ini kita bisa mengetahui kecepatan, ketangkasan, maupun kekuatan otot para siswa,” katanya.
Siswa SD Kertajaya V, Aril Ramadan dan Keysa Fadila mengaku baru pertama kali ini menjalani tes fisik dengan menggunakan peralatan yang ada di stand Dispora Jatim. “Saya tidak pernah tes fisik,” kata Aril yang menekuni olahraga gulat.
Demikan juga Keysa Fadila yang mengaku baru pertama kali melakukan tes fisik. Namun apapun hasil tes itu ia tetap akan menekuni olahraga pencak silat. “Saya tetap berlatih silat,” kata Keysa yang pernah meraih juara dua di salah satu pertandingan itu.
Dihubungi terpisah, Kadispora Jatim, Supratomo mengatakan kalau para pengunjung pameran Jatim Fair bisa menggunakan perlatan yang ada di stand Dispora Jatim. [wwn]

Tags: