Puluhan Lansia Griya Werdha Kota Surabaya Kecewa Tak Terdaftar DPT

Sebanyak 40 lansia di Griya Werdha Surabaya tidak bisa menyalurkan hak pilihnya, Rabu (17/4) karena umumnya tak terdaftar dalam DPT.

Surabaya, Bhirawa
Sejumlah 40 lansia di Griya Werdha Surabaya terpaksa tidak bisa menyalurkan suaranya pada Pemilu serentak 2019 ini. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor salah satunya tidak terdaftar dalam DPT.
Dari 150 lansia yang tinggal di UPTD Griya Werdha Surabaya, terhitung hanya 50 orang yang bisa menyalurkan hak suaranya. Sisanya harus kecewa lantaran tak bisa menyalurkan hak pilihnya. Salah satunya Sudarto, lansia di Griya Werdha, yang menyatakan kecewa karena tidak bisa menyalurkan hak suaranya.
Kepala UPTD Griya Werdha Septarti Hendartini menyatakan dari hasil seleksi pihak Griya Werdha pihaknya mengajukan 90 orang lansia untuk mengikuti Pemilu 2019. Namun dari hasil validasi, hanya 50 orang lansia yang akhirnya bisa menyalurkan hak suaranya. “Sedangkan 40 lainnya terpaksa harus kecewa tak bisa berpartisipasi dalam Pemilu 2019 lantaran berbagai hal seperti tak terdaftar dalam DPT dan memiliki KTP ganda,” tutur Septarti Hendartini, Rabu (17/4).
Septarti Hendartini juga mengatakan, sudah berupaya untuk mendatangi KPU Surabaya pada pagi hari kemarin untuk memperjuangkan hak suara 40 orang lansia tersebut. Namun sesuai aturan yang berlaku, warga yang memiliki KTP namun tidak terdaftar sebagai DPT harus memilih di TPS sesuai alamat dalam KTP.
Septarti Hendartini mengaku tidak memungkinkan untuk mengantarkan lansia yang tidak terdaftar DPT untuk memilih di TPS sesuai KTP karena sejumlah lansia, alamatnya diketahui sudah tidak valid. [geh]

Tags: