Puluhan Bakal Calon Kepala Desa di Bondowoso Ikuti Tes Tulis

Bacakades saat mengikuti tes tulis di Aula Sabha Bina 2 Pemkab Bondowoso. (Ihsan Kholil/Bhirawa)

Bondowoso, Bhirawa
Sebanyak 76 bakal calon kepala desa (Bacakades) mengikuti tes tulis di Aula Sabha Bina 2 Pemkab Bondowoso, kemarin. Mereka berasal dari 18 desa, yang akan digelar Pilkades serentak pada bulan Desember 2019 mendatang.
Pelaksanaan tes tulis berlangsung sejak pukul 08.00 WIB, dan baru selesai sekitar 14.00 WIB. Setiap peserta mendapatkan jatah waktu sekitar 45 menit untuk menyelesaikan puluhan soal pilihan ganda. Masing-masing Bacakades mengikuti tiga ujian tulis yang telah dibuat oleh tim seleksi kabupaten. Di antaranya yakni, mata ujian Bahasa Indonesia, Agama, dan Pengetahuan Umum.
Menurut Kepala Dinas Pemeberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bondowoso, Abdurrahman, tes tulis ini merupakan tahapan Pilkades yang harus diikuti oleh bakal calon. Jadi bacakades di suatu wilayah yang kurang dari lima pun tetap harus mengikuti tes ini. “Memang ketentuan dari Peraturan Bupatinya begitu. Jadi bukan melihat jumlah,” katanya.
Abdurrahman menjelaskan, bahwa setelah tes, pihaknya akan mengumumkan hasil tes melalui Panitia Pilkades masing-masing. Selanjutnya, diikuti dengan mengumumkan bacakades menjadi Calon Kades. “Jadi seleksi, verifikasi ini kan sampai tanggal 30 Oktober. Setelah tanggal 30 nanti diumumkan melalui panitia di desa masing-masing,” jelasnya.
Pada tahap verifikasi administrasi, kata Abdurrahman, ada 79 bacakades yang mengikuti tes. Hanya saja, tiga orang diantaranya tak lolos administasi dengan keterangan berkas tidak lengkap. “Yang tidak memenuhi syarat administrasi itu karena usia, sakit, dan ijazah,” terangnya.
Adapun tiga bacakades yang tak lolos adminitrasi yakni berasal dari Desa Mengen, Tamanan, dan Kalianyar.[mb11]

Tags: