PT XL Axiata Salurkan Donasi Kuota Kepada 220 SMA dan SMK

Wakil Gubernur Jatim, DR H Emil Elestianto Dardak MSc secara simbolis menyerahkan router (sejenis modem) kepada Kepala SMAN 20 Surabaya, Dra Titik Hariani MM disaksikan Mochamad Imam Mualim, Group Head XL Axiata East Rgion (kedua dari kiri) dan Director Corporate.Strategy & Bussiness Development XL Axiata, Abhijit Navalekar (paling kiri), Sekretaris Dinas Kominfo Propinsi Jarim , Drs Ir Ayu Mustika Dewi MM (ketiga dari kiri) dan para Kepala SMA dan SMK. [sufendhi d/bhirawa]

Surabaya, Bhirawa
PT XL Axiata Tbk terus menyalurkan donasi akses internet cepat ke berbagai daerah dengan menyasar lebih banyak sekolah di Indonesia. Untuk wilayah Jatim, XL Axiata kembali menyalurkan bantuan kepada 39 sekolah setingkat SMA/SMK di Surabaya dan Madura.
Penyerahan donasi kuota dilaksanakan di Surabaya, Jumat (26/4) lalu di Hotel Mojopahit, Surabaya. Turut hadir dalam acara ini Wakil Gubernur Jatim, Dr H Emil Elestianto Dardak MSc, Director Corporate.Strategy and Bussiness Development XL Axiata, Abhijit Navalekar, Group Head XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim dan Sekretaris Dinas Kominfo Propinsi Jatim, Drs Ir Ayu Mustika Dewi MM.
Menurut Group Head XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim, seperti halnya di berbagai daerah lainnya di Indonesia, layanan internet cepat juga sangat dibutuhkan di sekolah-sekolah di semua tingkatan di Jatim. Semakin banyak materi pelajaran dan juga metode pengajaran membutuhkan sarana internet dan digital yang memadai.
”Maka pada 2019 ini secara bertahap kami bisa lebih banyak lagi menyalurkan program donasi akses ke internet cepat untuk sekolah-sekolah di Jatim. Kami akan sangat senang jika fasilitas dari kami dan sebagian pelanggan ini akan bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk memajukan kualitas pendidikan bagi anak-anak didik kita,” kata Imam Mualim.
Imam Mualim menambahkan donasi kuota kali ini diberikan 24 sekolah di area Surabaya, yaitu SMAK ST Louis 1, SMA GIKI 1, SMA GIKI 2, SMA Muhammadiyah 2, SMA Santa Maria, SMKN 10, SMK Dr Soetomo, SMA Dr Soetomo, SMA 17 Agustus, SMK Ketintang, SMAN 15, SMK Negeri 3, SMA Petra 5, SMAN 14, SMAN 17, SMA Kemala Bhayangkari, SMK Kristen Petra, SMK PGRI 13, SMAN 20, SMKN 8, SMK TRISILA, SMA Barunawati, SMA Wijaya Putra, SMAN 9.
Sementara itu, di area Madura ada 15 sekolah, yaitu SMAN 1 Bangkalan, SMAN 2 Bangkalan, SMAN 3 Bangkalan, SMAN 4 Bangkalan, SMA PGRI 2 Bangkalan, SMK PGRI 1 Bangkalan, SMKN 1 Bangkalan, SMKN 2 Bangkalan, SMKN 3 Bangkalan, SMK Brajaguna Bangkalan, SMK Kesehatan Yannas Husada, SMKN 1 Labang, SMKN 1 Kamal, SMKN 1 Arosbaya, SMKN 1 Kwanyar.
PT XL Axiata juga mendukung penyelenggaraan berbagai workshop di SMAN 9 Surabaya. Ada enam materi yang disampaikan, yaitu internet sehat, jaringan XL Axiata, memasak, kesekretariatan,public speaking, dan teknologi informasi. Workshop ini bertujuan untuk memotivasi para siswa untuk mamahami keberadaan internet cepat dan layanan digital di tengah-tengah masyarakat.
Penyerahan Donasi di Surabaya dan Bangkalan merupakan satu rangkaian dengan Bersama Bangun Negeri Employee Volunteering Program. Sebanyak 40 karyawan XL Axiata, termasuk jajaran manajemen, melakukan touring mengendarai motor dari Jakarta dan singgah di Cirebon, Semarang, Surabaya, dan Madura. Total ada 220 sekolah yang mendapatkan fasilitas akses internet cepat dari XL Axiata dalam rangkaian touring ini.
Wakil Gubernur Jatim, Dr H Emil Elestianto Dardak MSc, yang hadir dalam penyerahan donasi kuota di SMA/SMK di Surabaya menegaskan, seharusnya PT XL Axiata tidak sekedar memberikan kuota, tetapi juga harus bisa menuntun para siswa, artinya agar kuota yang diberikan bisa mendongkrak kompetensi para siswa.
”Maka saya tadi menantang PT XL Axiata, ayo membikin satu modul yang autumaticaly bisa menjadi self learning, sehingga bila para siswa itu telah sukses menyelesaikan self learning itu selanjutnya bisa mendapat rekomendasi dari XL Axiata untuk pengetahuan ICT literasi para siswa. Selain itu, saya tekankan untuk mendorong kepada XL Axiata agar bisa ekspansi di daerah Selatan Jatim terutama untuk sector pariwisata,” kata Emil ketika ditemui usai penyerahan donasi kuota. [fen]

Tags: