Propam Polres Situbondo Razia Kendaraan Milik Anggota Polisi

Personel Propam saat melakukan razia dadakan kepada seluruh anggota polisi di pintu masuk Mapolres Situbondo, Rabu (28/8). [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Propam Polres Situbondo secara mendadak menggelar razia penegakan disiplin bagi seluruh anggota Polri dan PNS dilingkungan Mapolres Situbondo, Rabu (28/8).
Kegiatan ini digelar dalam rangka untuk mensukseskan operasi patuh semeru 2019 yang secara serentak dilaksanakan Polri. Razia dipimpin Kasat Lantas AKP Hendrik K. Wardhana SH SIK MH bersama Kasi Propam Ipda Harsono di depan pintu masuk Mapolres Situbondo.
Menurut Kasat Lantas Hendrix, fokus razia adalah pemeriksaan kelengkapan identitas dalam berkendara seperti SIM dan STNK berikut kelengkapan kendaraan serta penggunaan helm SNI.
Tujuan razia ini, sambung Kasat Lantas Hendrix, agar seluruh anggota polisi sebelum melaksanakan operasi patuh semeru 2019 memberikan contoh yang baik tentang sikap tertib berlalu lintas kepada masyarakat.
“Sebelum razia di jalan umum, Propam terlebih dahulu melakukan razia kepada seluruh anggota Polri. Razia ini tanpa pemberitahuan terlebih dahulu alias mendadak,” tegas AKP Hendrik.
Sementara itu, Kasi Propam IPDA Harsono menyampaikan bahwa razia dilakukan kepada 164 anggota polisi yang memasuki kantor Mapolres Situbondo kemarin.
Mulai awal razia hingga selesai, kupas Ipda Harsono, Propam tidak menemukan adanya pelanggaran terkait lalu lintas yang dilakukan personel polisi Situbondo.
“Razia dilakukan secara mendadak tanpa melihat sejauh mana kedisiplinan anggota polisi,” kata Ipda Harsono
Informasi Bhirawa menyebutkan, Polres Situbondo kini mulai melakukan operasi patuh semeru 2019 selama 14 hari mulai 29 Agustus sampai 11 September 2019 mendatang.
Sasaran dari operasi ini memprioritaskan pelaku pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Sebelumnya Polres Situbondo sudah mempersiapkan pelaksanaan operasi patuh semeru 2019 dengan menggelar latihan pra operasi di ruang Tribrata yang dipimpin Wakapolres Kompol Iswahab SH.
Wakapolres Iswahab menegaskan, latihan pra operasi itu sebagai langkah persiapan untuk melaksanakan Operasi Patuh Semeru 2019. Kata Iswahab, pra operasi selalu mengedepankan fungsi lalu lintas dengan penekanan peran aktif masing-masing personel satuan tugas (satgas) untuk menindak pelaku pelanggaran.
“Operasi ini digelar dengan harapan angka kecelakaan terus menurun. Selain itu yang paling penting muncul kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas sesuai dengan aturan yang berlaku,” pungkas Kompol Iswahab. [awi]

Tags: