Produksi Buah 5.600 Ton, Bupati Lamongan Genjot Potensi Desa Latukan

(16 Gunungan Festival Buah Latukan Sambut Ribuan Warga)+

Lamongan,Bhirawa 
Festival buah jilid II di satu desa yang memiliki potensi produksi buah melimpah berlangsung meriah.
Ribuan  masyarakat yang hadir,  tumplek blek menikmati sajian buah Semangka,Melon dan Blewah secara gratis di Lapangan Desa Latukan ,Minggu(3/11).
Festival buah yang diselenggarakan warga Desa Latukan membuat masyarakat dari luar kota pun larut dalam syukuran panen buah yang di kemas dengan acara festival.
Hal tersebut  membuat identitas Lamongan bertambah, yakni sebagai kota yang mampu meproduksi  buah semangka , blewah dan melon dalam jumlah yang megilan.Pada tahun 2019 ini mengalami kenaikan pada produksi buahnya  yang mencapai 5.600 ton buah dengan luas lahan 280 hektar.
Bupati Fadeli  mengungkapkan , Produktivitas yang luar biasa di Desa Latukan ini bisa mencapai ribuan ton. Inovasi di Desa Latukan juga selalu ada kemajuan. Beberapa kemajuan seperti Bumdesnya. Ini menjadi Desa Mandiri dan Desa percontohan di Lamongan bahkan di seluruh Indonesia”Kata Bupati Fadeli di lokasi Festival buah.
Fadeli menjelaskan ,Tiga komponen buah Blewah,Semangka dan Melon produksinya ini mengalami peningkatan yang  luar biasa lebih dari 100 persen.Dengan cara kita mensukuri kenikmatan kepada kita yang luar biasa ini sangat perlu tidak hanya panen raya tetapi festival dan ternyata menarik simpati ,Nah inovasi yan demikian ini harus terus di tingkatkan”Jelasnya.
Sementara saat disinggung soal kesatabilan harga buah,Fadeli menegaskan, Kalau soal kestabilan harga buah , upaya yang kita lakukan adalah menjalin kerjasama dengan PT Sari Buah , ini harus kita dorong . Kita mencarikan jalan keluarnya , salah satunya soal kekuatan buahnya ternyata buah desa latukan kuat sampai 3 minggu . Kerjasama dengan PT .Sari Buah nanti kita tindak lanjuti”Tegas Fadeli.
Selain itu, Fadeli mengapresiasi atas kemandirian Desa Latukan. “Pendapatan di Desa Latukan ini luar biasa , BUMDES nya maju.Di Bumdes ini bisa sampai menyewakan alat – alat berat 20 unit dan tidak hanya di manfaatkqn di Desa ini saja. Sekian besar alat pertanian ini bisa di manfaatkan oleh kota lain hingga Jateng”Tuturnya.
Fadeli berpesan untuk Bumdes di Desa Latukan supaya terus menigkatkan kinerjanya.Sebagai Bumdes percontohan Harus di tingkatkan dan kembangkan,  Para pemuda harus tetap kerja keras sebagai generasi penerus agar tidak ketinggalan dengan teknologi khususnya teknologi informasi”Pesanya.
Sementara itu Kepala Desa Incumbent yang terpikih kembali , M.Jiono mengatakan,Alhamdulillah pada tahun ini kita diberikan rahmat oleh Allah SWT bisa panen kembali setelah tahun lalau sempat gagal.Maka dari itu hari ini kita mengadakan syukuran supaya tahun -tahun berikutnya di berikan keberhasilan kembali”Kata Kepala Desa Latukan M.Jiono di depan ribuan warga yang hadir.
M.Jiono menjelaskan , Sebagai wujud syukuran kami kali ini kita menggelar doa bersama dan festival buah.Kami sediakan 16 gunungan buah yang terdiri dari buah semangka,melon , blewa dan sunrise untuk masyarakat yang datang secara gratis meskipun dari kota lain.
Sejak Pagi,Lanjutnya,kami menyambut masyarakat yang hadir untuk menikmati semangka. “Paginya kita awali dengan petik buah langsung di sawah, timbang dan bayar.Kemudian kita lanjutkan dengan doa bersama dan makan gratis 16 gunungan buah yang kita sediakan “Jelasnya. [aha]

Tags: