Preferensi Wisatawan Pada Pilihan Wisata

Oleh :
R. Widodo Djati Sasongko
Peneliti Balitbang Provinsi Jawa Timur

Setiap libur akhir pekan atau libur sekolah, libur lebaran atau libur akhir tahun banyak orang mengunjungi obyek wisata. Bisa kita saksikan obyek wisata Jatim Park, Wisata Bahari Lamongan, Taman Safari, Gua Gong, Pantai Merah dan obyek wisata lainnya penuh dikunjungi wisatawan. Sebagian wisatawan yang berkunjung cukup sulit juga mencari tempat parkir, sebab kendaraan yang parkir berderet-deret dengan plat nomor dari berbagai daerah dari wilayah Jawa Timur maupun dari daerah di sekitar Jawa Timur. Kondisi tersebut sekilas memberi gambaran kondisi obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.
Jumlah kunjungan wisatawan ke Jawa Timur terus meningkat. Lantas berapa kunjungan wisatawan ke Jawa Timur? berapa perolehan devisa? dan apakah ada target kunjungan wisatawan? Data terakhir dari Dinas Pariwisata Propinsi Jawa Timur pada sajian data kunjungan wisatawan Tahun 2017, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung sebesar 618.597 orang dan kunjungan wisatawan nusantara sebesar 58.000.000 orang. Kunjungan wisatawan mancanegara ini memberi konstribusi devisa pada sektor pariwisata sebesar US $ 519.417.643. Terhadap target kunjungan wisatawan Pemerintah Provinsi Jawa Timur berani menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara berlibur ke Jawa Timur pada Tahun 2019 sebesar satu juta wisatawan.
Penetapan target satu juta wisatawan mancanegara ini dalam upaya mendukung pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia sebesar dua puluh juta pada Tahun 2019. Target ini merupakan tantangan bagi pemangku kepentingan untuk pencapaiannya. Pencapai target kunjungan wisatawan tersebut tidaklah mudah, perlu disusun strategi pencapaian target kunjungan wisatawan. Salah satu upayanya dengan melakukan analisis pasar dengan mengetahui permintaan pasar wisata berdasarkan pada preferensi wisatawan pada pilihan wisata,
Mengetahui preferensi wisatawan penting dalam upaya pencapaian target kunjungan wisatawan, sebab pemilihan wisata atau lokasi wisata sebagai daerah tujuan wisata sangat dipengaruhi oleh preferensi wisatawan. Preferensi wisatawan merupakan latar belakang yang menjadi kecenderungan dan kesukaan wisatawan dalam memilih wisata, dapat berupa gambaran dari nilai terbaik yang dipertimbangkan wisatawan dalam menentukan sebuah pilihan berwisata atau preferensi wisatawan juga dianggap sebagai pandangan ideal atas keberadaan wisata bila dilihat dari prespektif dan tuntutan wisatawan. Jadi preferensi wisatawan ini merupakan hak yang diprioritas untuk didahulukan dan diutamakan dari pada yang lain dalam strategi pencapaian target kunjungan wisatawan.
Mengetahui preferensi wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara pada pilihan wisata yang disukai di Jawa Timur dapat dilakukan dengan berbagai macam cara maupun prosedur yang bisa dilakukan. Salah satu diantaranya dengan mencoba mengetahui berdasarkan pada pendapat wisatawan pada saat pelaksanaan event wisata Mojopahit Travel Fair dan event Pertemuan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia beberapa waktu yang lalu.
Event Mojopahit Travel Fair (MTF) setiap tahun diselenggarakan di Kota Surabaya, event ini termasuk event wisata MICE yang paling lengkap, sebab kegiatannya meliputi: Pameran, Travex, dan tour. Acara Travex Tahun 2017 dilaksanakan dengan sistem Roll Robbin diikuti 120 orang Buyers yang terdiri 96 orang Buyers luar negeri dan 24 orang Buyers dalam negeri dan diikuti 90 orang Sellers. Kegiatan Travex terjadi 4.437 appoinment yang terdiri: 1554 transaction, 665 bergaining, dan 2218 introduction. Rincian 1554 transaction terdiri dari jenis transaksi produk, meliputi: daya tarik wisata 481 (31,00%), golf 300 (19,30%), MICE 282 (18,15%), tour package 213 (13,71%), hotel 168 (10,81%), dan city tour 110 (7,07%). Obyek wisata yang diminati atau favorit: Bromo, Kawah Ijen, MICE, Malang Raya dan Golf. Preferensi wisatawan mancanegara yang menjadi pertimbangan pada pilihan wisata, kerena mempunyai keunggulan sebagai daerah tujuan wisata, tersedianya akomodasi wisata, aksesibilitas yang baik, dan kepercayaan terhadap biro perjalanan.
Sedangkan pertemuan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) pada Tahun 2017 diselenggarakan di Kota Malang termasuk event wisata MICE. Pertemuan Apeksi diikuti oleh Walikota seluruh Indonesia kegiatannya meliputi: pertemuan, pameran, dan karnaval. Peserta Apeksi Walikota dan delegasinya dari seluruh Indonesia ini juga dianggap sebagai wisatawan nusantara yang sedang berkunjung ke Jawa Timur. Obyek wisata yang diminati atau favorit: Bromo, city tour, Malang Raya khususnya Batu dan Golf. Berdasarkan pendapat peserta Apeksi, preferensi wisatawan nusantara yang menjadi pertimbangan pada pilihan wisata, karena adanya pemberian insentif oleh penyelenggara, keunggulan sebagai daerah tujuan wisata, tersedianya akomodasi wisata, dan aksesibilitas yang baik.
Dari dua event tersebut dapat diketahui Preferensi wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara pada pilihan wisata, pemahaman gambaran dari nilai terbaik yang dipertimbangkan wisatawan: Pertama, pemberian insentif bisa berupa insentif material, seperti welcome party, upacara penyambutan, hiburan, fasilitas VIP; dan insentif non material, seperti kebijakan yang memberikan kemudahan atau fasilitas. Kedua, keunggulan daerah tujuan wisata, seperti jenis atraksi, kualitas layanan, lingkungan fisik, dan sikap masyarakat lokal. Ketiga, akomodasi wisata, seperti keberadaan fasilitas wisata, jumlah dan harga. Keempat, aksesibilitas, seperti jarak objek wisata, kondisi jalan, jenis angkutan, tarif angkutan, dan resiko. dan Kelima, kepercayaan terhadap kredibilitas biro perjalanan, seperti harga paket, jumlah dan kualitas pelayanan sesuai penawaran.
Strategi pencapaian target kunjungan wisatawan berdasarkan preferensi wisatawan dari event MTF dan event pertemuan Apeksi, meminta supaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama dengan pemerintah kabupaten/kota dan para pemangku kepentingan pariwisata untuk mengembangkan obyek wisata dalam paket wisata kesukaan wisatawan yang diminati atau favorit: Bromo, Kawah Ijen, MICE, Malang Raya dan Golf.

———— *** ————–

Rate this article!
Tags: